Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Mudik Lebaran 2021 Dibolehkan, DPD Minta Pemerintah Perketat Pengawasan Akses di Perbatasan

Mudik lebaran 2021 dibolehkan. Wakil Ketua DPD Sultan B Najamudin meminta semua akses pintu masuk perbatasan dijaga dengan Prokes ketat

net
ilustrasi mudik.Mudik Lebaran 2021 Dibolehkan, DPD Minta Pemerintah Perketat Pengawasan Akses di Perbatasan 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pemerintah tidak melarang warga untuk mudik pada Lebaran 2021 ini. Namun protokol kesehatan ketat akan diberlakukan.

Kebijakan ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun 2020 lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang mudik di tengah pandemi corona.

Menanggapi rencana itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sultan B Najamudin meminta semua akses pintu masuk perbatasan wilayah juga dijaga ketat dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Besok Masuk 3 Syaban 1442 Hijriah, 12 Hari Lagi Nisfu Syaban, Inilah Bacaan Doa yang Dianjurkan

Baca juga: Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran 2021, Menhub: Tetap Sesuai Protokol Kesehatan

Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona pada saat musim mudik lebaran, usai pemerintah menyatakan tidak melarang pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Jadi pemerintah harus menyiapkan posko-posko di seluruh bandara, pelabuhan, serta jalan-jalan di titik masuk arus mudik," kata Sultan dalam keterangan tertulis, Selasa (16/3/2021).

Ia melanjutkan, nantinya di posko-posko tersebut harus menyediakan alat tes untuk pencegahan dan sarana evakuasi ke rumah sakit di tiap daerah khusus menangani Covid-19.

mudik
Ilustrasi mudik (otomercon.wordpress.com)

Menurut dia, musim mudik kali ini tantangannya bukan hanya persoalan kemacetan arus mudik. Tetapi juga bagaimana menjaga agar laju pertumbuhan Covid-19 tetap bisa ditekan di tengah hiruk pikuk keramaian hari raya.

"Ya, pemerintah harus bekerja keras dan ekstra prima. Tantangan lebaran kali ini bukan hanya kemacetan arus mudik. Pertanyaannya, apakah pemerintah sudah mempersiapkan teknis secara detail untuk persoalan ini," ujar Sultan.

Di sisi lain, mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini juga memprediksi akan adanya lonjakan kasus Covid-19 ketika mudik Lebaran tidak dilarang.

Halaman
12
Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved