Breaking News:

Pilkada Banjarmasin 2020

PSU Pilwali Banjarmasin 2020 Dilaksanakan 28 April 2021

KPU Banjarmasin menggelar rapat internal menentukan pelaksanaan PSU di tiga kelurahan yakni pada saat memasuki bulan suci ramadan, 28 April 2021

banjarmasinpost.co.id/frans
petugas sedang mengangkut logistik Pilkada Banjarmasin 2020. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Banjarmasin (Pilwali) 2020 di tiga kelurahan mulai ada titik terang.

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) RI telah memutuskan Pilwali Banjarmasin 2020 dilakukan PSU, khususnya di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, yakni Kelurahan Mantuil, Kelurahan Murung Raya dan juga Kelurahan Basirih Selatan.

MK RI menginstruksikan KPU Banjarmasin melaksanakan PSU di tiga kelurahan ini maksimal selama 30 hari kerja setelah keputusan dibacakan.

KPU Banjarmasin sudah menggelar rapat internal untuk menentukan pelaksanaan PSU di tiga kelurahan ini, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: PSU Pilkada Banjarmasin 2020 di Tiga Kelurahan Tanpa Kampanye

Baca juga: PSU di 3 Kelurahan, Wakil Wali Kota Banjarmasin Petahana Arifin Noor Hormati Keputusan MK

Dan dari rapat internal tersebut diketahui PSU di tiga kelurahan akan dilaksanakan pada saat memasuki bulan suci ramadan, pada 28 April 2021.

"Untuk sementara berdasarkan hasil rapat internal KPU Banjarmasin, PSU di tiga kelurahan yakni Kelurahan Mantuil, Kelurahan Murung Raya dan Kelurahan Basirih Selatan akan dilaksanakan pada 28 April 2021. Dan kalau berdasarkan putusan MK, maka hari terakhir pelaksaan PSU pada 3 Mei 2021," ujar Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar, Jumat (26/3/2021).

Masih terkait dengan hal ini, Akbar menerangkan bahwa KPU Banjarmasin akan segera menyampaikannya ke KPU Kalsel dan juga KPU RI.

Tidak hanya sekadar menetapkan jadwal PSU, Akbar juga menjelaskan pihaknya akan membuat rancangan tahapan PSU, mulai dari perekrutan badan adhoc seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Kami sedang menyusun rancangan tahapan PSU di tiga kelurahan. Mudah-mudahan Senin sudah keluar jadwal tahapannya," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved