Breaking News:

Ramadhan 1442 H

Imsak Ramadhan 1442 H Tiba, Masihkah Boleh Makan dan Minum Jelang Subuh Ramadhan 2021

Ada yang mengatakan larangan makan dan minum sejak mulai waktu imsak, ada pula yang yang mengatakan larangan tersebut dimulai sejak adzan subuh.

Dari Dinas Kominfo HSS untuk BPost
Juara Bagarakan Sahur, merayakan kemenangan mereka 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Di Indonesia ada mengenal waktu Imsak kala Ramadhan 1442 H tiba. 

Banyak menjadi pertanyaan, kapan Imsak Ramadhan 2021 tiba dan apakah memang benar tak diperbolehkan lagi makan dan minum.

Tak sedikit umat muslim begitu tiba waktu Imsak langsung menghentikan makan dan minum karena takut puasanya batal kalau diteruskan.

Bagi yang terlambat sahur, tak jarang pula langsung puasa karena Imsak telah itiba.

Baca juga: DOA dan Amalan Jelang Ramadhan 1442 Hijriah, Termasuk Doa Melihat Hilal

Baca juga: Awal Ramadhan 1442 H Diprediksi Sama NU dan Muhammadiyah, LAPAN: Selasa 13 April 2021

Permulaan waktu dilarangnya makan dan minum saat menjalankan ibadah puasa Ramadan masih sering menjadi pertanyaan bagi kaum Muslim.

Ada yang mengatakan larangan makan dan minum sejak mulai waktu imsak, ada pula yang yang mengatakan larangan tersebut dimulai sejak adzan subuh.

Seorang penanya bernama Keanu mengajukan pertanyaan: Apakah Imsak adalah hukum wajib dalam Islam? Benarkah jika sudah masuk waktu imsak, tidak boleh lagi makan dan minum sama sekali?

Masjid Agung Al Mukaram Kota Kualakapuas, Kabupaten Kapuas, Kalteng melaksanakan sahur dan dilanjutkan dengan sembahyang subuh berjamaah, Kamis (7/6/2018).
Masjid Agung Al Mukaram Kota Kualakapuas, Kabupaten Kapuas, Kalteng melaksanakan sahur dan dilanjutkan dengan sembahyang subuh berjamaah, Kamis (7/6/2018). (jumadi)

Berikut jawaban dari Ust Fauzi Qosim lewat sebuah program kerjasama antara Tribunnews.com dengan Dompet Dhuafa:

Imam Al-Mawardi di dalam kitab Iqna’-nya menuturkan:

وزمان الصّيام من طُلُوع الْفجْر الثَّانِي إِلَى غرُوب الشَّمْس لَكِن عَلَيْهِ تَقْدِيم الامساك يَسِيرا قبل طُلُوع الْفجْر وَتَأْخِير (الْفطر) يَسِيرا بعد غرُوب الشَّمْس ليصير مُسْتَوْفيا لامساكمَا بَينهمَا

Halaman
12
Editor: M.Risman Noor
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved