Breaking News:

Gempa di Malang

Dampak Gempa Bermagnitudo 6,7 di Malang, 1.189 Unit Rumah Rusak

Gempa dengan magnitudo 6,7 yang mengguncang Malang dan sekitarnya mengakibatkan 1.189 unit rumah rusak.

Kiriman Relawan RNPB LMI untuk Banjarmasinpost.co.id
Foto dari relawan nusantara penanggulangan bencana (RNPB) LMI, Saefulloh, pada Banjarmasinpost.co.id tampak teras rumah warga di Dampit ambruk. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Gempa dengan magnitudo 6,7 yang mengguncang Malang dan sekitarnya mengakibatkan 1.189 unit rumah rusak.

Korban bencana masih banyak menunggu uluran bantuan. Kerusakan rumah tinggal mengharuskan korban bencana harus mengungsi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, hingga saat ini, total rumah rusak akibat gempa bumi bermagnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Malang dan sekitarnya berjumlah 1.189 unit.

Kerusakan berat tercatat terjadi pada 85 unit rumah, 50 rumah terdata rusak sedang, dan 854 rumah lainnya mengalami rusak ringan.

“Total rumah rusak dengan katagori berbeda berjumlah 1.189 unit,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4/2021).

Baca juga: Walau Belum Pasti, Kemenag Sudah Siapkan Ketentuan Calon Jemaah Haji Tahun 2021

Baca juga: VIRAL Momen Xanana Gusmao Pakai Kaus Oblong Angkut Kardus Bantu Korban Banjir Dili di Timor Leste

Menurut Raditya, BPBD Kabupaten Malang melaporkan rumah dengan kerusakan ringan sebanyak 525 unit, rusak sedang 114 unit, dan rusak berat 57 unit.

Selanjutnya, BPBD Kabupaten Blitar melaporkan rumah dengan kerusakan ringan sebanyak 217 unit, rusak sedang 85 unit, dan rusak berat 10 unit.

Selain itu, kerusakan akibat gempa bumi juga dialami fasilitas umum (fasum) dengan total kerusakan sejumlah 150 unit.

Tercatat, kerusakan yang dilaporkan BPBD Kabupaten Malang yakni kerusakan pada fasilitas pendidikan sebanyak 14 unit, fasilitas kesehatan 8 unit, tempat ibadah 26 unit, dan jembatan berada di 6 titik.

Sedangkan Kabupaten Blitar mencatat ada kerusakan fasilitas umum, yakni kantor sebanyak 9 unit dan kerusakan pada balai desa 3 unit.

Salah satu rumah yang rusak akibat gempa di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). BMKG pun mengabarkan lewat instagram dan twitter soal gempa yang melanda sebagian Pulau Jawa berkekuatan 6,7 M hari ini.
Salah satu rumah yang rusak akibat gempa di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). BMKG pun mengabarkan lewat instagram dan twitter soal gempa yang melanda sebagian Pulau Jawa berkekuatan 6,7 M hari ini. (kolase istimewa/bmkg)
Halaman
12
Editor: M.Risman Noor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved