Breaking News:

Berita Kabupaten Banjar

Warga Binaan Lapas Narkotika Karangintan Kalsel Dapat Materi Thaharah di Pesantren Ramadan

Pesantren Ramadan di Lapas Narkotika Karangintang Kabupaten Banjar Kalsel hanya diikuti 51 tahanan untuk mencegah kerumanan, penyebaran Covid-19.

HUMAS LAPAS NARKOTIKA KARANGINTAN
Sebanyak 51 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mengikuti Pesantren Ramadhan di Masjid At Taubah Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sebanyak 51 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ikuti Pesantren Ramadan 1442 H.

Lokasi kegiatannya, Masjid At Taubah Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Desa Awang Bangkal Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (19/4/2021).

Dengan tema Membentuk Pribadi Warga Binaan Pemasyarakatan yang Disiplin dalam Beribadah dan Berakhlakul Karimah, kegiatan dibuka Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Anak Didik, Rahmad Pijati.

Kepala Lapas, Wahyu Susetyo, mengatakan, warga binaan dalam kegiatan ini akan diberikan berbagai materi keagamaan dari Ustadz Kementerian Agama Kabupaten Banjar, di antaranya materi Thaharah (membersihkan diri sesuai syariat Islam), Kaifiat Salat, Muazin, doa-doa harian, zakat fitrah,  kegiatan Salat Idul Fitri dan lainnya. 

Baca juga: Petugas LPKA Martapura Kalsel Salurkan Santunan ke Panti Asuhan Hingga Panti Sosial

Baca juga: Bawaslu Adukan Komisioner KPU Banjar Kalsel  ke DKPP,  Ini Kasusnya

"Kegiatan ini sebagai tambahan dan meningkatkan ilmu keislaman bagi warga binaan. Yang mana, diharapkan dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari dan dapat pula di aplikasikan di masyarakat kelak mereka bebas," ujar Wahyu. 

Lebih lanjut, Wahyu menjelaskan, bahwa dalam kegiatan ini hanya melibatkan 51 warga binaan pemasyarakatan.

"Oleh sebab, saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan dilakukan pula penerapan protokol kesehatan, sehingga jumlah warga binaan yang ikut dalam kegiatan Ramadhan dibatasi," ucapnya.

Akan tetapi, 51 warga binaan yang ikut dalam kegiatan Ramadhan dari 15 April hingga 8 Mei 2021, akan membagikan ilmu dan mengajarkannya kepada rekan-rekan di blok-blok huniannya masing-masing. 

Baca juga: Jajaran Kemenkumham Kalsel Gowes Bareng di Kawasan Sekitar Lapas Narkotika Karangintan

Baca juga: Bupati dan Wabup Hadiri Warung Ramadan Warga Desa Bincau Kabupaten Banjar

Selain itu, Lapas Narkotika Karangintan ini juga menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama dan Salat Tarawih  berjemaah, dilanjutkan tadarus Al’Qur'an bagi warga binaannya.

Seorang peserta, M, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan.

“Senang bisa mengikuti kegiatan ini, ibadah saya bisa lebih baik dan mendapatkan ilmu agama yang sebelumnya mungkin tidak pernah saya dapatkan saat berada di luar,” ungkapnya senang.

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved