Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Jelang PSU Pilkada Banjarmasin, Ratusan Petugas KPPS Jalani Bimtek

Ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai menjalani bimbingan teknis (bimtek)yang dilaksanakan KPU Banjarmasin

banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Anggota KPPS kelurahan Basirih Selatan sedang mengikuti bimtek, Kamis (22/4/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai menjalani bimbingan teknis (bimtek) yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin.

Sekadar diketahui Mahkamah Konstitusi (MK) RI belum lama tadi memutuskan Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Selain memutuskan dilaksanakan PSU, dalam amar putusannya MK RI juga memerintahkan anggota KPPS haruslah orang baru.

Seleksi serta perekrutan petugas KPPS baru ini pun sudah selesai dilakukan oleh KPU Banjarmasin, hingga kemudian menggelar bimtek.

Baca juga: Jelang PSU Pilwali, Polresta Banjarmasin Kawal Pergeseran Logistik

Baca juga: Pemko Siapkan Doorprize Bagi Pemilih saat PSU Pilkada Banjarmasin, Tersedia di 80 TPS

Baca juga: Pelaksanaan PSU Makin Dekat, Paslon AnandaMu Dilaporkan Lagi ke Bawaslu Banjarmasin

Bimtek sendiri dilaksanakan di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan, dan turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen.

"Bimtek dilakukan per kelurahan. Kemarin Kelurahan Mantuil, dan hari ini giliran bimtek anggota KPPS Kelurahan Basirih Selatan. Terakhir Sabtu diadakan bimtek untuk KPPS Kelurahan Murung Raya," ujar Sekretaris KPU Banjarmasin, Husni Thamrin, Kamis (22/4/2021).

Jumlah anggota KPPS sendiri per Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak tujuh orang. Sedangkan total TPS di tiga kelurahan yang dilakukan PSU yakni 80 buah.

Dengan demikian maka setidaknya setiap TPS terdiri atas tujuh orang anggota KPPS dalam PSU yang dilaksanakan Rabu (28/4/2021) tersebut.

Menariknya Husni Thamrin membeberkan bahwa bimtek ini sedikit berbeda dibandingkan bimtek pada saat menjelang Pilwali Banjarmasin 2020 yang terlaksana pada 9 Desember 2020 lalu.

"Jika sebelumnya hanya tiga orang perwakilan KPPS yang ikut bimtek kemudian , sekarang yang kita panggil adalah semuanya atau tujuh orang per Tempat Pemungutan Suara (TPS)," katanya.

Disinggung mengenai alasannya, Husni Thamrin pun menerangkan guna memaksimalkan bimtek ini sendiri.

"Kita ingin benar-benar memaksimalkan, agar petugas KPPS pun benar-benar paham dengan tugas pokok dan fungsinya saat PSU nanti," terangnya.

Baca juga: VIDEO PSU Pilkada Banjarmasin 2020 Dijadwalkan Berlangsung 28 April 2021

Sementara itu, Pj Wali Kota Banjarmasin Akhmad Fydayeen berharap pelaksanaan PSU Pilwali Banjarmasin 2020 berjalan lancar.

"Kita berharap masyarakat pun bisa memanfaatkan hak suaranya saat PSU nanti," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved