Breaking News:

Berita Tala

VIDEO Bantu Warga Bangkit dari Kelesuan Ekonomi, BLK Tala Ajarkan Beragam Skill

Berkepanjangannya pandemi corona virus diseases (covid-19) saat ini benar-benar melesukan ekonomi masyarakat. Pasalnya hingga sekarang aktivitas masih

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Berkepanjangannya pandemi corona virus diseases (covid-19) saat ini benar-benar melesukan ekonomi masyarakat. Pasalnya hingga sekarang aktivitas masih terbatas.

Kondisi itu menjadi perhatian khusus Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Tala. Melalui UPT Balai Latihan Kerja (BLK), beragam skill diberikan kepada warga di daerah ini.

Setidaknya saat ini terdapat puluhan orang warga Tala yang sedang mengikuti program pelatihan keterampilan (skill) di BLK Tala di kawasan Jalan A Syairani, Pelaihari.

"Ada tujuh jurusan yang sekarang sedang berjalan kegiatan pelatihannya. Tiap jurusan ada 16 orang peserta dari berbagai kecamatan. Alhamdulillah dari seluruh kecamatan terwakili," ucap Kepala BLK Paryanto, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Warga Atuatu Kabupaten Tala Ini Berencana Buka Usaha Pascapelatihan di BLK

Baca juga: Kadisnasker Tabalong Harapkan Alumni Pelatihan BLK Jadi Tenaga Kerja yang Miliki Daya Saing

Baca juga: Perabot Belum Lengkap, Asrama BLK Balangan Belum Bisa Inapkan Peserta Didik 

Baca juga: VIDEO Alumni Pelatihan Kerja BLK Tabalong Diharap Punya Daya Saing Skill Tenaga Kerja

Jurusan tersebut meliputi Tata Boga (pembuatan roti/kue dan pengolahan perikanan), Jurusan TIK yakni pada pelatihan penguasaan komputer dan desain grafis.

Lalu, Jurusan Garmen berupa kegiatan menjahit. Jurusan Teknik Las, Jurusan Listrik yaitu di bidang teknik AC, teknik instalasi penerangan. Jurusan Otomotif yakni pada kendaraan sistem injeksi dan konvensional.

"Kemudian Jurusan Bangunan, kita melaksanakan teknik semprot yang membidangi tentang penyemprotan mebel," papar Paryanto.

Ia menerangkan lama pelatihan sekitar satu bulan hingga satu bulan setengah. Paling cepat yakni pada Jurusan Tata Boga yakni selesai dalam tiga pekan, peserta telah menguasai ilmu membuat kue dan sejenisnya.

Kegiatan pelatihan dimulai sejak pagi hingga sore. Seluruh peserta aktif mengikuti panduan instruktur dari BLK Tala.

Setelah selesai pelatihan, papar Paryanto, peserta mendapat dua sertifikat yakni sertifikat telah mengikuti pelatihan dan sertikat uji kompetensi.

"Untuk uji kompetensi pengujinya dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) di bawah BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi," sebutnya (Banjarmasinpost.co.id /idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved