Breaking News:

Berita Batola

VIDEO Penyekatan Mudik di Pos Perbatasan Kalsel-Teng Mulai Efektif Beroperasi

Pos penyekatan mudik didirikan Ditlantas Polda Kalsel di Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tapin, Kabuaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tabalong.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Alpri Widianjono

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN -  Pos Penyekatan Mudik telah dibangun di ruas Jalan Trans Kalimantan Km 16, Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan.

Pos gerbang masuk Kalsel dari provinsi tetangga, Kalimantan Tengah, tersebut juga dikunjungi Dirlantas Polda Kalsel, Kombes Maesa Soegriwo.

Ia mengungkapkan, Sesuai Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik, di lokasi ini adalah salah satu pos penyekatan perbatasan provinsi Kalsel-Teng.

"Mulai beroperasi Rabu, 5 Mei 2021, malam. Petugas yang terlibat dari berbagai unsur, baik dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dan lainnya," ujar Maesa, Kamis (6/5/2021).

Baca juga: Diduga Layani Pembuatan Suket Antigen Palsu di Perbatasan Kapuas-Batola, 3 Warga Kalsel Diamankan 

Baca juga: VIDEO BNNP Kalsel Sita Hampir 1 Kg Sabu di Hulu Sungai dan Amankan 2 Tersangka

Ia pun menambahkan, selain di Kabupate Batola, pos penyekatan juga terdapat di Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Tapin, Kabuaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tabalong.

Mengenai sanksi bagi pelanggar, ia menegaskan, pemudik diminta putar balik jika tidak dapat menunjukkan surat keterangan bebas Covid- 19 atau sejenisnya.

Secara berkala juga diadakan Rapid Test Antigen secara random bagi pengendara. "Jika ditemukan positif, maka langsung dikoordinasikan dengan tim kesehatan dan Dinas Kesehatan untuk penanganannya," bebernya.

Terkait penyekatan di Pos Terpadu Lebaran, Kasatlantas Polres Batola, AKP Didik Yudi P, mengungkapkan, anggotanya di lokasi akan bertugas sesuai perintah. Namun tetap mengedepankan sisi humanis.

Baca juga: Warga Batik Batola Curhat Warung Remang, Camat, Kapolsek dan Danramil Turun Lakukan Penertiban

Baca juga: VIDEO Penumpang Mobil di Kecamatan Gambut Kalsel Langsung di Swab Antigen

"Operasi ini dimulai hari ini hingga 16 Mei 2021 dan akan berlaku selam 24 jam," tegas Didik.

Mengenai warga sekitar, ia menyampaikan, masih tetap aman melintas.

Adapun para pekerja atau pengendara selain untuk mudik diharapkan melengkapi surat keterangan atau identitas masing-masing untuk lebih selektifnya petugas dalam memeriksa.

Arus lalu lintas dari Kamis pagi terpantau aman dan lancar. Belum terlihat meningkatnya intensitas pengendara yang melewati jalur nasional tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved