Breaking News:

Eloknya Taman Permana Pelaihari

Wisata Kalsel, Ubah Area Penggembalaan Sapi Jadi Taman Permana yang Mempesona

Tempat penggembalaan sapi diubah menjadi taman indah hinga menjadi tempat wisata bernama Taman Permana di Kota Pelaihari, Kabupaten Tala, Kalsel.

Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ROY
Jembatan indah di Taman Permana, Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (18/5/2021). 

Editor: Alpri Widianjono 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Keberadaan Taman Permana kini cukup familiar dan populer di Kalimantan Selatan (Kalsel). Cukup banyak unggahan video pelancong di taman indah itu di sosial media.

Ternyata, kemunculan objek wisata yang berada di wilayah Desa Telaga RT 5, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala), ini terjadi secara tak sengaja.

"Awalnya hanya tempat penggembalaan sapi. Sejak dulu, saya memang memelihara sapi, ada sekitar 40 ekor," ucap Edi Permana, pemilik Taman Permana Pelaihari kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (18/5/2021).

Luasan areanya sekitar 4 hektare, berupa dataran tinggi yang dilengkapi pepohonan kayu hutan dan pohon buah yang tumbuh menyebar.

Baca juga: Wisata Kalsel, Taman Permana Pelaihari Langganan Jadi Tempat Prawedding

Secara alamiah, bagian permukaan yang dibalut rerumputan menjadi terpotong pendek karena tiap hari disantap puluhan ekor sapi. Menyajikan pemandangan alam yang indah.

Hal itu menarik perhatian sejumlah orang yang lalu lalang di jalan poros jalur Pelaihari - Pantai Takisung Tanahlaut.

Ini karena Taman Permana Pelaihari persis terletak di tepi jalan raya tersebut sehingga mudah terlihat dari jalanan.

"Sekitar Desember 2020, ada orang dari Pantai Takisung pas balik dan melihat tempat kami, lalu singgah. Katanya, tempat ini indah. Lalu, foto-foto dan diunggah di sosmed," papar Edi.

Baca juga: Wisata Kalsel, Pengunjung Kadang Nginap Dirikan Kemah di Taman Permana Pelaihari

Baca juga: Wisata Kalsel, Surga Berswafoto, Ada Jembatan Ala Flyover Hingga Batu Raksasa

Sejak itulah perlahan tempat penggembalaan sapinya mulai dikenal publik. Tanpa disangka, banyak yang menonton dengan beragam komentar yang intinya takjub dan penasaran.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved