Breaking News:

PSU Banjarmasin

Gugatan AnandaMu Rontok, MK Terima Eksepsi KPU dan Petahana Pilwali Banjarmasin

MK menolak permohonan dari paslon AnandaMU dan menyatakan petahana H Ibnu Sina-Arifin Noor sah sebagai paslon terpilih Pilwali Banjarmasin 2020

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
youtube MKRI
Ketua Hakim, Anwar Usman membacakan pokok permohonan. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gugatan pasangan calon (paslon) Hj Ananda-Mushaffa Zakir dalam sengketa Pilkada (Pilwali) Banjarmasin 2020 rontok di Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Dalam sidang yang digelar hari ini Kamis (27/5/2021), MK memutuskan menolak permohonan dari paslon nomor urut 04 tersebut.

Sidang digelar sejak pagi secara virtual, bersamaan dengan perkara sengketa Pilkada di beberapa daerah lainnya dengan agenda pengucapan putusan.

Dan khusus untuk sengketa Pilwali Banjarmasin 2020 dengan nomor perkara 144 PHP.KOT-XIX/2021, MK menolak permohonan dari paslon AnandaMu.

Baca juga: KPU Banjarmasin Optimistis Gugatan AnandaMu di MK Bakal Rontok

Baca juga: Sidang Gugatan PSU Pilkada Banjarmasin di MK RI, Tim Hukum Ibnu Sina Bantah Tuduhan AnandaMU

Sebaliknya MK menerima eksepsi dari KPU Banjarmasin selaku termohon dan juga paslon petahana H Ibnu Sina-Arifin Noor selaku pihak terkait.

Hal itu disampaikan oleh MK melalui Ketua Hakim Anwar Usman saat membacakan amar putusan.

"Mengadili dalam eksepsi, satu menyatakan eksepsi termohon dan pihak terkait berkenaan dengan kedudukan hukum pemohon beralasan menurut hukum, dua menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum," ujar Anwar Usman.

Baca juga: Lakalantas Kalsel, Berhenti Mendadak, Pengendara Motor di Mandiangin Tewas Tertabrak Truk

Selanjutnya Anwar Usman membacakan pokok permohonan, yang menyatakan permohonan pemohon atau paslon AnandaMu ditolak.

"Dalam pokok permohonan, satu menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima, dua menyatakan sah keputusan KPU Banjarmasin nomor 47/PL.02.6-Kpt/6371/KPU-Kot/V/2021 tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara pasca putusan MK nomor 21/PHP.KOT-XIX/2021 dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020 bertanggal 2 Mei 2021," kata Anwar Usman diakhiri dengan bunyi ketokan palu.

Dengan adanya keputusan dari MK tersebut, maka paslon petahana H Ibnu Sina-Arifin Noor dinyatakan sah sebagai paslon terpilih dalam Pilwali Banjarmasin 2020.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved