Berita Banjarmasin

Dorong Difabel Berwirausaha, PLN Kalselteng Bersama Kaki Kota Gelar Program ini

PT PLN (Persero) Kalselteng bekerjasama dengan Yayasan Kaki Kota menggelar program Lentera Asa Disabilitas untuk penyandang difabel agar mandiri

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
kiriman Kaki Kota
Pembukaan program Lentera Asa Disabilitas. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mendorong para difabel di Banua untuk berwirausaha, PT PLN (Persero) Kalselteng bekerjasama dengan Yayasan Kaki Kota menggelar program Lentera Asa Disabilitas.

Pembukaan program dilakukan pada Jumat (4/6/2021) bertempat di kantor Yayasan Kaki Kota di Jalan Karimata Banjarmasin tepatnya di seberang Polda Kalsel.

Kegiatan pembukaan saat itu dilakukan oleh Manajer Komunikasi PT PLN (Persero) Kalselteng Suhadi, didampingi Tri Murtini asisten manajer Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) Kalselteng.

"Ini program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan oleh PT PLN (Persero) Kalselteng bersama Yayasan Kaki Kota," ujar Suhadi.

Baca juga: Sempat Error, Hari ini Portal PMB Jalur Seleksi Mandiri ULM Banjarmasin Sudah Bisa Diakses

Baca juga: Narkoba Kalsel, Simpan Sabu dan Ekstasi, Ifan Diciduk Satresnarkoba Polresta Banjarmasin

Suhadi sangat mengapresiasi tingginya antusias peserta difabel mengikuti program tersebut.

Program Manajer Kaki Kota, Fitria Eka menerangkan program tersebut di antaranya diisi dengan kegiatan pendampingan membuat kue khas Banjar yakni Untuk.

"Program ini merupakan program untuk para difabel melakukan wirausaha. Kami yayasan Kaki Kota bersama tim CSR PLN Kalselteng akan mendampingi peserta program ini dari awal membuat resep wadai (kue, red) Untuk khas mereka sendiri sampai mampu menjual hasil olahan mereka secara mandiri. Dan akan dibuat versi frozen nya juga," kata Fitria Eka.

Bagi Direktur Yayasan Kaki Kota, Muhammad Syahreza program ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi difabel di Banua.

"Program ini diharapkan dapat menjadi lentera bagi para penyandang disabilitas khususnya di Banjarmasin sesuai dengan namanya," katanya.

Baca juga: Polda Kalsel Amankan Satu Unit Eksavator Milik Penambang Liar di Tapin

Baca juga: Kecelakaan Kalsel, Tubuh Korban Kecelakaan yang Terlindas Truk di Sebamban Tanahbumbu Sudah Tak Utuh

Salah seorang peserta Lentera Asa Disabilitas, Noor Winda mengaku sangat senang berkesempatan mengikuti program tersebut.

‘Kegiatan hari ini sangat menyenangkan, karena saya baru pertama kali mengikuti kegiatan seperti ini. Saya senang bertemu dengan teman-teman baru dan tertarik ingin belajar membuat ‘wadai untuk’ dan menjual produk wadai tersebut," jelasnya.

Lentera Asa Disabilitas merupakan program yang digagas Yayasan Kaki Kota dengan bantuan PLN Kalselteng.

Program ini ditujukan untuk melakukan pendampingan dan pelatihan kepada warga disabilitas di Banjarmasin dengan membentuk kelompok usaha.

Setelah program ini selesai, kelompok disabilitas beserta usahanya akan berkembang dan berkelanjutan agar dapat meningkatkan skill dan ekonomi disabilitas yang terlibat.

Rencananya program ini akan di buat jangka panjang, yakni dalam kurun waktu sekitar tiga tahun.

( Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved