Breaking News:

Bonsai si Kerdil Bernilai Tinggi

VIDEO Bonsai Harga Mahal Tetap Diincar Pencintanya di Kalsel

Harga bonsai Plumeria Florist di Jalan A Yani Kilometer 24, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, ada yang harganya Rp 400 ribu dan ada pula Rp 60 juta.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU -  Satu Bonsai ada yang harganya mencapai jutaan rupiah. Namun, ada pula yang puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Misalnya di Bonsai di Plumeria Florist, Jalan A Yani Kilometer 24, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, ada yang harganya Rp 400 ribu dan ada pula Rp 60 juta.

Menurut salah satu pengelola, Riki, kepada Banjarmasinpost.co.id, Bonsai yang paling mahal adalah Bonsai Kimeng.

"Memang ada yang kecil, ada yang besar. Paling murah Rp 500 ribu dan paling tinggi Rp 60 juta. Tergantung dari karakter pohon, bentuk, batang, ranting dan daun," sebutnya saat ditemui, Rabu (9/6/2021). 

Baca juga: VIDEO Sebanyak 274 Jenis Bonsai Dipamerkan di Batulicin, Umurnya Ada Yang Sampai 22

Baca juga: Kapten Kamrani Koleksi Bonsai Kelapa, Danramil Tapin Tengah Ini Siap Berbagi Ilmu

Tahun

Baca juga: VIDEO Pameran Bonsai Jalanan di Tabalong, Dua Ratus Pohon Dipamerkan

Baca juga: Belajar dari YouTube, Adi Olah Sampah Plastik Jadi Miniatur Bonsai, Dijual Ratusan Ribu Rupiah

Kalau yang harganya Rp 60 juta, maka bisa dikata seharga mobil second. Tamanan itu sudah dirawat dari turun temurun. "Tahun persisnya kurang tahu, tapi yang jelas sudah puluhan tahun," kata dia.

Dijelaskan, ada belasan jenis Bonsai lainnya di Plumeria Florist. Semisal, Bonsai Serut yang dijual paling murah  Rp 400 ribu hingga paling mahal Rp 10 juta.

Bonsai Asoka Kuning paling Murah Rp 1,5 juta sampai Rp 8 juta, Bonsai Kemuning mulai harga Rp 4,5 juta sampai Rp 8 juta, Bonsai Cemara Buaya Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta, Bonsai Loa Rp 7,5 juta.

"Juga ada varian Hokky Yanti paling murah Rp 2,5 juta, Bonsai Laliandra dari yang harga Rp 2,5 juta sampai yang Rp 7,5 juta," rinci Riki.

(Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved