Breaking News:

PSU Pilgub Kalsel 2020

Pleno Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 di Binuang Diwarnai Protes, BirinMU Menang Telak

Rapat pleno terbuka rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel di Kecamatan Binuang Diwarnai protes. Meski begitu, Paman BirinMU menang telak

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/stanislaus Sene
Rangkaian Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil PSU di Kecamatan Binuang, Jumat (11/6/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Rapat pleno terbuka rekapitulasi Hasil PSU Pilgub Kalsel di Kecamatan Binuang berjalan alot, Jumat, (11/06/2021).

Pantauan Banjarmasinpost.co.id aksi pembacaan hasil pleno dari tiap TPS dihiasi dengan aksi protes dari saksi Paslon gubernur nomor urut dua.

Meskipun demikian proses terus berjalan. Setiap protes yang disampaikan oleh saksi dari Paslon nomor urut 02 mampu dijelaskan atau dijawab oleh PPK dan Panwascam.

Selesai, sekitar pukul 17.00 wita hasil pleno ditingkat kecamatan dimenangkan pasangan calon H. Sahbirin Noor dan H Muhidin (BirinMu) di 24 TPS yang tersebar di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. 

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, Rekapitulasi Surat Suara di Banjarmasin Selatan Hingga Pukul 24.00 Wita

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel, Rapat Pleno Terbuka di Kecamatan Martapura Sempat Molor karena Menunggu ini

Baca juga: Hasil PSU Pilgub Kalsel 2020 Terancam Disengketakan ke MK,  Begini Respon Ketua KPU Kalsel

Dari 24 TPS yang menggelar PSU, BirinMu memperoleh suara sebanyak 4.389 suara, sedangkan paslon nomor urut 01 H. Denny Indrayana dan H. Difriadi (H2D) sebanyak 408 suara. 

Ketua PPK Kecamatan Binuang, Hendriyanor Efendi menyampaikan bahwa tahapan yang berjalan sudah sesuai dengan prosedur dan alhamdulliah berjalan dengan lancar. 

"Walaupun terkendala sedikit, namun tetap lancar hingga selesai," jelasnya.

Ia mengatakan dari hasilnya, meskipun tidak ditandatangani oleh saksi Paslon nomor urut dua, tidak menghalangi petugas untuk tetap melanjutkan pleno ini. 

"Ada salah satu saksi paslon yang tidak mau tanda tangan yakni dari saksi paslon nomor urut 02. Dengan alasan tidak jelas. Kami juga tidak tau alasannya apa," ujarnya.

Ia mengatakan awalnya sempat tanda tangan satu rangkap. Tapi setelah itu yang bersangkutan kembali menolak untuk melanjutkan tanda tangannya," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam, Maula Apriyati membenarkan bahwa salah satu saksi Paslon tidak menandatangani hasil pleno dan itu tidak menghalangi panitia untuk terus melanjutkan pleno ini.

"Alasannya tidak jelas," jelasnya.

Baca juga: PSU Pilgub Kalsel 2020, Heboh TPS Hanya 13 Pemilih, Ternyata TPS 22 LPKA Martapura

Untuk diketahui, hasil pleno Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin dimenangkan paslon 01 dengan total suara 15.441 suara, sedangkan paslon 02 memperoleh 1.757 suara. 

Sementara itu, untuk jumlah suara sah sebanyak 17.198 dan jumlah suara tidak sah 500 suara. jadi jumlah suara sah dan suara tidak sah sebanyak 17.698 suara. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved