Breaking News:

Idul Adha 2021

Persiapan Sambut Idul Adha 2021, Berikut Tata Cara Sembelih Hewan Kurban di Hari Raya Kurban

Idul Adha 2021 sebentar lagi. Sebagai persiapan menyambut Hari Raya Kurban di masa pandemi covid-19, berikut ini tata cara sembelih hewan kurban.

Editor: Anjar Wulandari
KOMPAS IMAGES
Mal hewan kurban milik Haji Doni di Kota Depok, Jawa Barat.Persiapan Sambut Idul Adha 2021, Berikut Tata Cara Sembelih Hewan Kurban di Hari Raya Kurban 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak terasa Idul Adha 2021 sebentar lagi tiba. Sebagai persiapan menyambut Hari Raya Kurban itu, berikut ini disampaikan tata cara menyembelih hewan kurban.

Diketahui Hari Raya Idul Adha 1442H/2021 masih akan berlangsung di masa pandemi covid-19. Di sejumlah daerah yang masuk zona merah, masyarakatnya tentu akan sedikit kesulitan melaksanakan penyembelihan hewan kurban secara ramai-ramai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Terlebih saat ini pemerintah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Darurat hingga tanggal 20 Juli 2021 mendatang di Jawa dan Bali.

Namun, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tetap bisa dilakukan. Kementerian Agama pun telah mengeluarkan edaran tentang ketentuan pelaksaan Hari Raya Idul Adha 2021 di masa pandemi, juga soal aturan penyembelian hewan kurban.

Baca juga: Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban, Simak Pula Amalan Sunnah Jelang Hari Raya Idul Adha 2021

Baca juga: Banyak Dicari Pebisnis Online, Penjualan Produk Skincare Meningkat Mendekati Idul Adha 2021

Terkait pelaksanaan kurban, ada sejumlah aturan yang ditetapkan di masa PPKM Darurat. Berikut ini point pentingnya.

  • Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sesuai syariat Islam, termasuk kriteria hewan yang disembelih.
  • Penyembelihan hewan kurban berlangsung dalam waktu tiga hari, yakni pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah untuk menghindari kerumunan di lokasi pelaksanaan kurban.
  • Pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R).
  • Karena keterbatasan Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia, penyembelihan kurban bisa dilakukan di luar Rumah Pemotongan Hewan dengan ketentuan penerapan jaga jarak, penerapan protokol kesehatan dan kebersihan petugas, serta penerapan kebersihan alat penyembelihan kurban.

Diketahui setiap tahunnya, umat Islam yang mampu dianjurkan menunaikan ibadah kurban, yakni dengan menyembelih hewan kurban.

Hewan kurban umumnya hewan ternak meliputi kambing dan sapi.

Daging hewan kurban yang disembelih kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuh atau kurang mampu.

Hukum berkurban adalah sunnah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Adapun pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini dapat dilakukan sejak selesainya shalat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah sampai dengan terbenamnya matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved