Breaking News:

Kaltengpedia

KaltengPedia: Profil Rumah Lanting Sungai Kahayan Palangkaraya

Kaltengpedia, Bagi warga yang pernah melihat Sungai Kahayan atau melakukan susur Sungai Kahayan, pasti tahu adanya jejeran rumah yang terbuat dari bah

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id / faturahman
Kaltengpedia, Rumah Lanting, Sungai Kahayan Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kaltengpedia, Bagi warga yang pernah melihat Sungai Kahayan atau melakukan susur Sungai Kahayan, pasti tahu adanya jejeran rumah yang terbuat dari bahan kayu beratap kajang atau daun nipah dengan posisi rumah mengambang di atas air karena ditopang oleh beberapa batang pohon di dasarnya.

Rumah lanting ini, terlihat berjejer panjang di pinggiran Sungai Kahayan Palangkaraya, yang di dalamnya dihuni oleh keluarga. Meski keluarga yang tinggal di dalam rumah lanting saat beraktifitas terbatas karena hidup diatas air sungai dan jika ada gelombang rumah ikut bergoyang.

Bagi penghuni rumah lanting, tinggal di dalam rumah yang terbuat dari bahan kayu tersebut sudah dilakoni secara turun-temurun dan selam ini mereka menikmati saja tinggal di rumah yang mengapung di atas sungai tersebut.

Rata-rata warga yang bermukim di rumah lanting adalah merupakan para pencari ikan atau mereka yang selama ini berusaha ikan karamba seperti ikan haruan, toman, kapar, dan beberapa jenis ikan sungai lainnya yang hidup di Sungai Kahayan.

Baca juga: Kebakaran di Kalsel. Dua Bocah Tewas di Dalam Rumah yang Hangus di Binuang Tapin

Baca juga: Pisah Rumah Lalu Hapus Tato, Ini Nasib Pernikahan Stefan William dan Celine Evangelista

Baca juga: VIDEO Antisipasi Lonjakan Covid-19, Bupati Tanbu Perintahkan PUPR Bangun Rumah Sakit Darurat

Baca juga: Rumah yang Mau Dibeli Merry Diperlihatkan, Raffi Ahmad Kaget Saat Lihat Harganya

Pemerintah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, dulunya menginginkan rumah lanting yang ada di Sungai Kahayan bisa dipoles dengan berbagai warna dan dibenahi sehingga bisa jadi daya tarik wisata sungai dan bisa menambah khazanah wisata sungai sekitar Jembatan Kahayan. (banjarmasinpost.co.id / faturahman).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved