Breaking News:

Berita Banjarmasin

Pemko Banjarmasin Pastikan Normalisasi Sungai Berlanjut

Pemko Banjarmasin memastikan program normalisasi sungai yang digeber saat adanya musibah banjir pada Januari 2021 akan terus berlanjut.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon
Salah satu jembatan di Jalan A Yani dibongkar saat pelaksanaan normalisasi sungai. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin memastikan program normalisasi sungai yang digeber saat adanya musibah banjir pada Januari 2021 akan terus berlanjut.

Pasalnya Pemko Banjarmasin sudah menyusun rencana untuk melakukan normalisasi sungai, yang akan dijalankan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin.

PLT Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Doyo Pudjadi pun menerangkan rapat terkait persiapan normalisasi sungai sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.

Dan berbagai langkah pun sudah dilakukan untuk melanjutkan program normalisasi sungai tersebut. Termasuk menyusun anggaran yang dipersiapkan melalui pergeseran dari Biaya Tidak Terduga (BTT).

Baca juga: Puluhan Rumah di Kabupaten Banjar Kalsel Terancam Amblas Masuk Sungai Riam Kiwa

Baca juga: Bank Kalsel Beri Bantuan kepada ESI Kabupaten Hulu Sungai Utara

Baca juga: Masyarakat Dibantu Kodim Bersihkan Sungai untuk Jalur Tani dan Wisata di Kabupaten HSU

Baca juga: Enam Pejabat Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ekspose Inovasi

Dibeberkan juga oleh Doyo, bahwa yang menjadi fokus normalisasi sungai masih di kawasan kanal Jalan A Yani dan juga di Jalan Veteran.

"Anggaran yang disediakan untuk normalisasi sungai tahun ini sebesar Rp 1,2 miliar untuk Jalan Ahmad Yani. Dan di sebesar Rp 400 juta untuk kawasan Jalan Veteran," katanya.

Khususnya di kanal Jalan Veteran, selain akan dilakukan kegiatan pengerukan juga akan dilakukan kegiatan penyiringan.

Sedangkan di Jalan Ahmad Yani, dilakukan pengerukan sungai dan pembongkaran jembatan. Dan jembatan yang jadi sasaran untuk dibongkar sendiri, adalah jembatan rendah.

Disinggung mengenai kapan pelaksanaan normalisasi sungai tersebut dijalankan, Doyo menargetkan satu hingga dua bulan ke depan.

"Saat ini masih dalam proses pelelangan. Bila sudah selesai lelangnya, kami akan segera melakukan pembongkaran jembatan juga di Jalan A Yani, untuk menunjukan bahwa konsistensi program normalisasi sungai tetap berlanjut," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved