Breaking News:

Idul Adha 2021

Persiapan Idul Adha 2021, Inilah Bacaan Takbir Idul Adha dalam Bahasa Arab dan Latin Lengkap Artinya

Agar tidak lupa tata cara dan bacaannya, berikut ini disajikan bacaan takbir Lengkap untuk Malam Takbiran Idul Adha 2021 pada Selasa 20 Juli 2021

Editor: Anjar Wulandari
banjarmasinpost.co.id/donny sophandi
Ilustrasi malam takbiran.Persiapan Idul Adha 2021, Inilah Bacaan Takbir Idul Adha dalam Bahasa Arab dan Latin Lengkap Artinya 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan 1 Dzulhijjah 1442 Hijriah jatuh pada 11 Juli 2021, dan Idul Adha 1442 H pada 20 Juli 2021.

Itu artinya pada Senin (19/7/2021) malam, umat Islam telah mulai malam takbiran menyambut Idul Adha 1441 H.

Agar tidak lupa tata cara dan bacaannya, berikut ini disajikan bacaan takbir Lengkap untuk Malam Takbiran Idul Adha 2021 yang jatuh pada Selasa 20 Juli 2021.

Seperti diketahui tahun ini, umat Muslim kembali merayakan Idul Adha dalam situasi Pandemi COVID-19.

Meskipun demikian, mengumandangkan bacaan takbir, tahlil dan tahmid di malam takbiran tetap dianjurkan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Tiga Hari Lagi Idul Adha 2021, Ini Hukum Memotong Hewan Kurban Sendiri Kata Buya Yahya

Baca juga: Beberapa Amalan Sebelum Shalat Idul Adha 2021, Jangan Makan Dulu Sebelum Pulang Shalat Ied

Sama halnya dengan perayaan Idul Fitri, menjelang Idul Adha atau hari raya kurban umat muslim memang dianjurkan untuk mengumandangkan takbir sebagai wujud memuji dan mengagungkan kebesaran Allah SWT.

Sementara untuk waktunya, Rasulullah SAW telah menganjurkan untuk menghidupkan malam hari raya, salah satunya dapat dilakukan dengan cara memperbanyak membaca takbir.

Dilansir dari TribunPontianak.co.id dengan judul Bacaan Takbir Idul Adha Lengkap Bahasa Arab dan Latin Beserta Artinya, dalam Kitab Fathul Qarib disebutkan jika Takbiran pada Idul Adha disebut Takbir Muqayyad, yaitu takbir yang memiliki waktu khusus untuk pelaksanaannya.

Dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 9 - 13 Dzulhijjah, mulai dari waktu ashar tanggal 9 Dzulhijjah hingga waktu Ashar akhir hari Tasyriq 13 Dzulhijjah), dibaca setiap selesai salat fardhu ataupun salat sunnah.

Bacaan takbir yang pendek maupun bacaan takbir yang panjang dan lengkap memiliki arti yang sama, yaitu sama-sama mengagungkan kebesaran Allah SWT.

malam takbiran di martapura
Malam takbiran di Martapura (banjarmasinpost.co.id/donny sophandi)
Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved