Breaking News:

Wabah Corona di Kalsel

'Divonis' PPKM Level IV, Wali Kota Banjarmasin Berharap Tidak Diterapkan Secara Ekstrem

Terkait ditetapkannya Banjarmasin dalam daftar PPKM Level IV, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina segera menyikapinya dengan melakukan rapat evaluasi

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/frans
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) telah merilis kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali yang akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV, Jumat (23/7/2021).

Dari daftar puluhan kabupaten/kota yang dirilis dan akan menerapkan PPKM Level IV terhitung sejak Senin (26/7/2021) tersebut, di antaranya Banjarmasin.

Terkait dengan ditetapkannya Banjarmasin dalam daftar PPKM Level IV, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina buka suara.

Kepada awak media, H Ibnu Sina mengatakan segera menyikapinya dengan melakukan rapat evaluasi bersama tim Satgas Covid-19 Banjarmasin.

Baca juga: Banjarmasin Masuk PPKM Level 4, PTM Terbatas Terancam Dihentikan

Baca juga: Bantuan Beras PPKM di Kalsel Siap Dibagikan, Bulog Kanwil Kalsel Harapkan Dukungan Stakeholder

"Berdasarkan Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021, Banjarmasin dimasukkan kategori PPKM Level IV. Kami akan menyikapinya dan hari ini kita akan melakukan evaluasi bersama Satgas Covid-19 Banjarmasin," katanya, Sabtu (24/7/2021).

Meskipun cukup menerima keputusan tersebut, namun Ibnu berharap PPKM Level IV di Banjarmasin tidak langsung diberlakukan.

Bahkan Ibnu meminta waktu untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu, agar seluruh elemen masyarakat di Banjarmasin bisa lebih siap.

"Memang divonis seperti itu. Tapi mudahan bisa dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, dan tidak secara ekstrem menerapkan pada 26 Juli 2021. Kita ingin secara persuasif terlebih dahulu menyampaikan kepada masyarakat dan juga dunia usaha. Karena yang kita takutkan bayang-bayang yang dahulu pernah kita lakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dimana dunia ekonomi kita tiarap betul," jelasnya.

Ditambahkan oleh Ibnu, apabila memang PPKM Level IV diterapkan maka dikhawatirkan akan memiliki dampak yang luas.

Baca juga: Harga Bahan Pokok Naik, Pedagang di Pasar Hanyar Barabai Sebut Efek PPKM di Pulau Jawa

Baca juga: PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Posko PPKM Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Menyesuaikan

"Memang kita dalam posisi sulit. Tapi memang konsekuensi dari PPKM Level IV dunia usaha tiarap betul. Dan kita harus belajar dari sebelumnya, bagaimana caranya agar tidak menimbulkan dampak yang terlalu dalam," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved