Berita Palangkaraya

12 Ribu UMKM Palangkaraya Diusulkan Dapat Bantuan Modal Usaha dari Pemerintah Pusat

Sebanyak 12 ribu lebih usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang terdampak Covid-19 akan diusulkan oleh

Penulis: Fathurahman | Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpost.co.id/ faturahman
Pembuatan miniatur perahu khas Kalteng berbahan getah pohon nyatuh juga merupakan salah satu UMKM yang jadi perhatian untuk dibantu permodalan. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Sebanyak 12 ribu lebih usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang terdampak Covid-19 akan diusulkan oleh instansi terkait agar mendapatkan bantuan modal usaha dari Pemerintah Pusat.

Selama pandemi Covid-19, berlangsung sejak dua tahun ini banyak sekali dampaknya bagi pengusaha mikro kecil menengah di Kota Palangkaraya, karena mereka sempat beberapa tidak bisa lagi berjualan secara langsung dan saat ini juga dibatasi sehingga pendapatan makin kecil.

"Jualan makin sepi karena pelanggan memilih banyak di rumah daripada keluar rumah. Apalagi adanya PPKM yang membatasi jam jualan sehingga pendapatan makin kecil, karena pelanggan biasanya banyak malam hari," ujar Kholis salah satu penjual bakso di Jalan Rajawali Palangkaraya, Selasa (27/7/2021).

Pandemi Covid-19 benar-benar membuat lumpuh sebagian usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Cantik Palangkaraya, sehingga, Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindusterian Kota Palangkaraya, berusaha membantu dengan mengusulkan permodalan.

Baca juga: BLT UMKM Rp 1,2 Juta Cair Bukan untuk Anggota TNI/Polri, Cek di banpresbpum.id atau eform.bri.co.id

Baca juga: BLT UMKM Rp 1,2 Juta Cair Mulai Juli 2021, Cek eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id

Baca juga: Jadwal Pencairan BLT UMKM 2021, Dibagikan untuk 3 Juta Pelaku Usaha Mikro dalam Tiga Tahap

Baca juga: VIDEO Gelar Festival Ekonomi Syariah di Duta Mall Banjarmasin, BI Dukung Kemajuan UMKM Kalsel

Pemerintah Kota Palangkaraya, berusaha memberikan bantuan modal usaha kepada pelaku UMKM yang dalam tahun 2020 yang laku ada sebanyak 7.200 pelaku UMKM yang sudah mendapatkan bantuan modal usaha dari kementerian terkait sehingga tahun 2021 ini akan kembali diusulkan berupa program stimulus.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindusterian Kota Palangkaraya, Rawang, mengungkapkan, jika dalam tahun 2020 lalu , UMKM yang dapat bantuan hanya 7.200, dari usulan keseluruhan 12.000 UMKM, tahun 2021 ini akan kembali diusulkan sebanyak 12.000 UMKM lagi.

Bantuan modal yang bisa diperoleh sebesar Rp2,4 juta. Masih banyak UMKM yang belum dapat sehingga diusulkan lagi tahun 2021 ini."Yaz dalam tahun ini kami usulkan lagi, tapi jumlahnya tidak sebesar tahun lalu hanya Rp1,2 juta. Pendaftaran untuk mendapatkan bantuan harus daftar lewat online dengan syarat yang telah ditentukan,” ujar Rawang. (banjarmasinpost.co.id/ faturahman).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved