Berita Kabupaten Banjar

Pajak Daerah BBNKB Kabupaten Banjar Masih Dibawah Target, Begini Penjelasan Zulkifli

Pajak BBNKB Kabupaten Banjar masih dibawah target karena berkurangnya daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor

Penulis: Siti Bulkis | Editor: Eka Dinayanti
istimewa dari Zulkifli
Kepala UPPD Samsat Martapura, Zulkifli 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kepala UPPD Samsat Martapura, Zulkifli sebut, dua pajak daerah berhasil melampaui target dan satu pajak masih dibawah target hingga Juli 2021.

Adapun dua pajak daerah yang berhasil melampaui target, di antaranya Pajak Kenderaan Bermotor (PKB) dengan pendapatan mencapai Rp 47.365.944.300 atau setara 54,76 persen dan Pajak Air Permukaan (PAP) mencapai Rp 1.153.166.623 atau setara 86,34 persen.

Diungkapkannya, peningkatan PAP yang mencapai 86,34 persen, dikarenakan adanya penambahan wajib pajak baru.

"Sementara untuk pajak daerah Bea Balik Nama kenderaan Bermotor (BBNKB) hanya Rp 29.122.093.200 atau setara 46,45 persen, yang artinya masih dibawah target," ungkapnya, Sabtu (7/8/2021).

Baca juga: Permintaan Singkong Menurun, Tak Dipanen Singkong Petani Desa Tungkaran Banjar Digerogoti Hama Tikus

Baca juga: Penyelenggaraan Salat Jenazah di Masjid Agung Al Karomah Martapura Kalsel Melonjak

Hal ini menurutnya, dipengaruhi oleh berkurangnya minat daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor yang sedikit banyak disebabkan roda perekonomian masyarakat terdampak pandemi covid-19.

Memang tidak dapat dipungkiri, terjadinya bencana non alam wabah virus corona ini berdampak dan berpengaruh terhadap sektor prekonomian dan sektor lainnya.

Bahkan meski pemerintah telah mengeluarkan kebijakan akan insentif PPnBM kenderaan bermotor baru, tetap tidak dan belum mampu menaikan pendapatan daerah terutama di sektor BBNKB tersebut.

Baca juga: Narkoba Kalsel, Dilaporkan Warga, Tiga Pengguna Sabu Diciduk Satresnarkoba Polres Banjarbaru

Lebih lanjut, pihaknya berupaya serta menargetkan pendapatan daerah yang didapat maupun diterima bisa mencapai 65 persen di tiap sektornya pada periode Juli sampai September hingga akhir tahun 2021.

Dengan demikian, secara keseluruhan Samsat Martapura berdasarkan data target dan realisasi penerimaan mengumpulkan pendapatan daerah mencapai Rp 77.641.203.663.

( Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

  • Berita Terkait :#Berita Kabupaten Banjar
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved