Tahun Baru Islam 2021

Sambut Tahun Baru Islam 2021, Ada Tradisi Minum Susu Putih & Begini Penjelasan Ulama

Tradisi minum susu putih sambut tahun baru Islam dilakukan di Tapin. Tradisi unik ini memberikan beberapa makna positif.

Editor: M.Risman Noor
tribunwow.com/okipratiwi
Ilustrasi berdoa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jelang masuk Tahun Baru Islam 2021, adda beberapa tradisi yang biasa dilakukan orang menyambutnya.

Salah satunya ada tradisi yang unik dan menarik di Tapin, Kalimantan Selatan dalam menyambut tahun baru Islam.

Sebagai contoh dirilis dari banjarmasinpost.co.id, jemaah Masjid Baiturahmah Tapin menyambut Tahun Baru Islam pada 1434 Hijriyah dengan cara minum susu putih yang merupakan tradisi di Tapin.

Tradisi minum susu putih sambut tahun baru Islam itu berlangsung Kamis (15/11) setelah salat subuh di ruang induk masjid bersejarah di Tapin itu.

Baca juga: Perangi Covid-19, Bupati Tanbu Gelar Salat Dhuha, Doa dan Zikir Serentak di 149 Desa

Baca juga: Keutamaan Shalat Israq, Ibadah Sunah Senilai Ibadah Umrah dan Haji

Puluhan jamaah salat subuh mengikuti tradisi minum susu sambut tahun baru Islam tersebut.

Tradisi minum susu menyambut tahun baru Islam itu sudah berlangsung puluhan tahun yang digelar badan pengelola Masjid Baiturahmah.

Menurut ustadz Fikri Ramadan yang berasal dari Tapin, tradisi minum susu menyambut tahun baru Islam itu memiliki makna positif.

Maknanya, kata ustadz Fikri, supaya selama perjalanan satu tahun ke depan, hidup kita selalu manis, artinya manis segi kesehatan, manis kesejahteraan, manis dalam urusan dan manis dalam ketakwaan kepada Allah.

Sedangkan pada malam tahun baru Islam, masjid ini menggelar salat hajat yang diikuti ratusan warga Tapin. "Memang sudah menjadi tradisi di Masjid Baiturahmah, kalau malam tahun baru Islam kami menggelar salat hajat dan setelah salat subuh mengadakan tradisi minum susu," jelas Fikri Ramadan, ustadz muda hapal Alquran ini.

Ilustrasi anak minum susu
Ilustrasi anak minum susu (kompas.com)

Bulan Muharram sendiri memiliki keutamaan dan amalan sunnah yang bila dikerjakan akan mendapatkan pahala yang besar. Ada beberapa amalan yang bisa dilaksanakan dilakukan di bulan Muharram.

Baca juga: Niat Shalat Rawatib Qobliyah dan Badiyah, Ini Keutamaan Sunah Sebelum dan Sesudah Shalat Wajib

Membaca doa akhir tahun dan doa awal tahun untuk menyambut tahun baru Islam 1443 Hijriyah, serta berpuasa menjadi amalan sholih yang dianjurkan.

Tahun Baru Islam setiap 1 Muharram dapat dimaknai dengan mengingat kembali peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Di mana pada waktu itu, Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah pada 622 M. Nabi Muhammad SAW Hijrah dari Mekkah ke Madinah pada tanggal 1 Muharram.

Dikutip dari officeholidays.com, Muharram merupakan bulan kedua paling suci dalam tahun Islam setelah bulan Ramadhan.

Berikut ini Keutamaan dan Amalan Sunnah Bulan Muharram, dilansir dari Tribunnews.com dengan judul Amalan Sunnah dan Keutamaan Bulan Muharram, Simak Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 2021

Ilustrasi
Ilustrasi (ISTIMEWA)

Dikutip dari jatim.kemenag.go.id, saat kegiatan pembinaan bagi ustadz, ustadzah dan santri TPQ yang diadakan oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) di desa Tebas, M. Farihin selaku PAIF, mengatakan bulan Muharram menjadi tanda awal datangnya tahun baru bagi umat Islam.

Bulan Muharram memiliki banyak keutamaan dan bila menjalankan amalan sunnah akan mendapatkan pahala yang besar.

Salah satu amalan sunnah yang dikerjakan adalah puasa Asyura.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved