Breaking News:

Berita Kalteng

Basarnas Palangkaraya Temukan Bangkai Kapal Putri Ayu 3 Posisi Terbalik di Laut Jawa

Pencarian pada hari ketujuh tim pencari menemukan bangkai kapal diduga KM Putri Ayu 3 yang terbalik di Perairan Kumai Kalteng seminggu yang lalu

Penulis: Fathurahman | Editor: Eka Dinayanti
Basarnas Palangkaraya
Bangkai Kapal diduga KM Putri Ayu 3 yang tenggelam di Laut Jawa sekitar Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PANGKALANBUN - Upaya pencarian lima orang penumpang kapal pencari ikan KM Putri Ayu 3 yang terbalik, Senin (16/8/2021) dinihari di Laut Jawa 60 kilometer atau 20 Nautica Mile dari Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, terus berlanjut di hari ketujuh, Senin (23/8/2021).

Tim pencarian terdiri dari Rescuer KPP Palangkaraya dan Banjarmasin, Ditpolair Polda Kalteng, Satpol Air Kobar, Pos TNI AL Kuala Pembuang, Pos TNI AL Kumai, KSOP Kumai, KSOP Sigintung, BPBD Kobar, Kepala Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang, PMI Pangkalanbun dan masyarakat setempat.

Pencarian pada hari ketujuh atau hari terakhir, tim hanya menemukan bangkai kapal diduga KM Putri Ayu 3 yang terbalik dihantam gelombang seminggu yang lalu.

Sedangkan lima korban masih dilakukan pencarian.

Baca juga: Bantuan Oksigen untuk Pasien Covid-19 Kalteng Berdatangan dari Perusahaan Sawit dan Tambang

Baca juga: Dua Jenazah Penumpang Kapal Tenggelam di Perairan Kumai Kalteng Ditemukan

Pihak Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Palangkaraya, masih menunggu konfirmasi dari perusahaan pemilik kapal tersebut untuk tindaklanjut berikutnya terkait penemuan bangkai kapal tersebut.

Kepala Basarnas Kota Palangkaraya, Muhammad Hariyadi, Senin (23/8/2021) membenarkan, pihaknya menemukan bangkai kapal diduga KM Putri Ayu 3.

"Tim pencarian menemukan objek diduga KM. Putri Ayu 3 PD TW 0822 1030 G Basarnas di posisi koordinat 3⁰55' 500" S - 111⁰ 47' 800 E dari arah Tanjung Puting , 21 NM arah Heading 180⁰. Objek Kapal warna lambung merah dengan lunas kapal berwarna merah yang diyakini bahwa objek tersebut adalah KM. Putri Ayu 3 yang sedang dicari," ujarnya.

Saat ditemukan, posisi objek atau kapal terbalik dengan masih terikat jangkar di mana hanya tersisa bagian depan kapal yang terapung di permukaan.

Baca juga: Tiga Pekan Bulan Agustus 2021, Gerai Vaksin Presisi Polda Kalsel Telah Vaksin 12.686 Orang

Baca juga: Satgas Covid-19 Tapin Gelar Swab Antigen di Tempat Nongkrong, Satu Pengunjung Positif

"Posisi objek dalam keadaan tidak stabil karena tali tambat jangkar sudah ada yang putus akibat gelombang dan arus," ujarnya.

Struktur Kapal tidak stabil serta Gelombang di sekitar lokasi antara 1 sampai 2 meter membuat pergerakan kapal di permukaan air bergerak terus menerus yang bisa membuat Kapal tenggelam kapan saja apabila putus tali tambat jangkar.

"Untuk melakukan penyelaman pada titik tersebut sangat tidak memungkinkan dikarenakan faktor keselamatan tim penolong (penyelam) dinilai dari keadaan cuaca dan jondisi objek yang tidak Stabil," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved