Breaking News:

Berita Banjarmasin

Ringankan Beban Hidup Penyintas Bencana, ACT Kalsel Bagikan Bantuan Makanan Gratis

tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Kalsel bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Tala melaksanakan aksi Operasi Makan Gratis (OMG).

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Hari Widodo
ACT Kalsel untuk Bpost
Penyerahan bantuan makanan gratis oleh MRI ACT Kalsel kepada warga Pra Sejahtera, Kamis (2/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dampak resesi yang merupakan imbas pandemi juga dirasakan masyarakat Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Apalagi, Kabupaten Tala juga memberlakukan pembatasan kegiatan. Akibatnya, sebagian masyarakat yang berasal dari kalangan pra-sejahtera kesulitan dalam memperoleh kebutuhan pangan.

Berangkat dari hal ini, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Kalsel bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Tala melaksanakan aksi Operasi Makan Gratis (OMG).

Aksi sendiri dilaksanakan di Desa Panggung Baru, Kecamatan PelaiharI, dengan menyasar 80 jiwa penerima manfaat yang semuanya adalah warga pra-sejahtera.

Baca juga: UMKM Kalsel Terdampak Pandemi Akan Dapat Rp 20 Juta dari BAZNAS dan ACT

Baca juga: Kuatkan Pangan Pondok Pesantren di Masa Pandemi Covid-19, ACT Kalsel Bagikan Seribu Paket Beras

Baca juga: HUT ke-76 Kemerdekaan RI, X-MOC Kalsel Salurkan Bantuan Beras dan Donasi ke ACT Kalsel

Menurut Ketua MRI Kabupaten Tala, Fuad Amin, aksi OMG ini merupakan aksi yang ketiga kali dilaksanakan di Kabupaten Tala. 

Sebelumnya, aksi serupa juga dilaksanakan pada awal masa pandemi covid-19 tahun 2020 silam, dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas menangani pasien Covid-19 di Kabupaten Tala. 

Kedua, saat bencana banjir di Kalsel yang juga merendam Kabupaten Tala akhir Januari 2021 dengan sasaran para penyintas bencana di Bumi Tuntung Pandang.

"Kegiatan kali ini sangat baik dilakukan. Banyak memberikan efek positif kepada masyarakat yang membutuhkan terutama bagi orang-orang yang bekerja sebagai buruh lapangan, lansia dan orang sakit. Praktis dan langsung dapat di santap saat itu juga," kata Fuad, Kamis (2/8/2021).

Dalam aksi ini, Fuad menuturkan, para penerima manfaat bantuan makanan gratis sebagian besar merupakan pekerja harian. Seperti buruh pembuat bata merah yang tersebar di beberapa lokasi.

Selain itu, tim MRI Kabupaten Tala juga mendapati penerima manfaat aksi bantuan makanan gratis yang bekerja sebagai petani.

Diakuinya banyak petani di desa ini mengalami gagal panen pasca bencana banjir pada awal tahun ini, yang berakibat pada sulitnya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Ternyata mereka tahun ini mengalami gagal panen akibat banjir yang terjadi awal tahun kemarin. Pasca bencana banjir mereka mencoba untuk bertanam kembali, tetapi tetap saja gagal dan sebagian lagi gabahnya tumbuh karena kebasahan," ujarnya Fuad.

Baca juga: Tim ACT Kalsel Siap Penuhi Keperluan Pangan Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Tak hanya aksi membagikan makanan gratis melalui OMG. Fuad menambahkan, aksi bantuan pangan gratis di bawah program Operasi Pangan Gratis (OPG) juga dilaksanakan. 

"Kami juga memberikan sembako berupa kebutuhan pokok lainya seperti beras, telur, minyak goreng dan lain-lain melalui program OPG," ungkapnya. (banjarmasinpost.co.id/muhammad rahmadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved