Breaking News:

Berita Tapin

VIDEO Dinas Kependudukan Kabupaten Tapin Luncurkan De'Sa Adminduk

Bupati HM Arifin Arpan memperkenalkan program De'Sa Adminduk dari Disdukcapil di Desa Jingah Babaris, Kecamatan Tapin Utara, Provinsi Kalsel.

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapin meluncurkan program De'Sa Adminduk atau Desa Sadar Administrasi Kependudukan, Sabtu (4/9/2021).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapin, Hj Rina Indriyani, mengatakan,  inovasi itu hanya untuk desa yang sudah melengkapi segala administrasi kependudukan.

"Yang menjadi De'sa Adminduk adalah desa pilihan. Apabila ada warga yang belum lengkap memiliki dokumen kependudukan, akta kelahiran, KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kematian dan lain lain, akan didtangi petugas Disdukcapil Tapin untuk pelayanan cetak di tempat," jelasnya.

Apabila sudah lengkap, maka rumah warga bersangkuktan akan ditempeli stiker De'Sa Adminduk. Ini sebagai tanda bahwa penghuni rumah sudah melengkapi dokumen kependudukan.

Baca juga: Tenaga Kesehatan dan Warga Candi Laras Utara Kabupaten Tapin Terima Vaksin

Baca juga: 842 Anak Putus Sekolah di Tapin, Paling Banyak Tingkat SD, Faktor Ekonomi Penyebab Utama

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan Tujuh Warga Candi Laras Selatan Diberikan Sangsi

"Penempelan stiker ini bisa diketahui bahwa warga ini aktif, bukan pasif. Dengan kesadaran sendiri, melengkapi administrasi kependudukan yang menjadi keperluannya,"imbuh Rina.

Ia juga sangat mengharapkan De'Sa Adminduk yang telah dilaksanakanan di Desa Jingah Babaris, Kecamatan Tapin Utara, dapat diterapkan di desa lainnya.

Peluncuran program inovasi ini juga dihadiri Bupati Tapin, HM Arifin Arpan, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tapin, Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan

(Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved