Breaking News:

Berita HSU

Aparat Desa Telaga Silaba Usulkan Perbaikan Dermaga ke Pemkab HSU

Desa Telaga Silaba, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten HSU, Kalsel, perlu perbaikan karena rusak. Diharapkan, pemkab bantu karena perlu biaya besar.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/RENI KURNIAWATI
Kepala Desa Telaga Silaba, Rizal Zahadi, menunjukkan dermaga yang perlu perbaikan karena menyangkut perekonomian kawasan setempat, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (7/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dermaga Telaga Silaba menjadi tempat tambat bagi para nelayan dan juga pedagang untuk menuju pasar subuh. 

Dermaga itu berada di Desa Telaga Silaba, Kecamatan Amuntai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Meskipun saat ini kondisinya sudah rusak, namun masih bisa digunakan. Beberapa warga kadang ada juga yang ke pasar menggunakan perahu dan menambatkannya di dermaga. 

Kepala Desa Telaga Silaba, Rizal Zahadi, mengatakan, kondisi dermaga yang rusak sudah berlangsung beberapa tahun.

Supaya masih bisa digunakan, diperbaiki secara gotong royong, melakukan pengurukan di salah satu sisi dermaga menuju jalan. Jadi setelah tambat di dermaga, bisa menyeberang menuju jalan dengan mudah.

Baca juga: Landak dan Ow-owa Peliharaan Warga di Amuntai Diamankan BKSDA Kalsel

Baca juga: Vaksinasi untuk Santri di Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Kabupaten HSU

"Rencana tahun ini kami akan melakukan pengerukan kembali agar lebih padat dan rata," ujarnya.

Ditambahkan Rizal, selain pedagang dan juga warga yang tambat di dermaga adalah kapal penumpang yang biasanya saat Kamis atau Minggu menunggu penumpang untuk menuju ke Kecamatan Danau Panggang atau bahkan bisa langsung ke Banjarmasin hingga ke daerah di wilayah Kalimantan Tengah. 

Aparat desa terus mengusulkan adanya perbaikan dermaga karena sangat diperlukan oleh warga setiap hari. Dengan adanya pasar, maka perputaran ekonomi bagi warga sekitar juga semakin besar.

Dengan fasilitas yang yang nyaman diharapkan nantinya Pasar Subuh Telaga Silaba ini bisa lebih ih ramai dikunjungi, baik oleh pedagang dari luar daerah termasuk pembelinya.

"Kami berkoordinasi dengan kantor kecamatan yang diharapkan bisa dibawa hingga ke tingkat kabupaten untuk perbaikan dermaga," ungkapnya.

Baca juga: VIDEO Penataan Bangunan di Bantaran Sungai di HSU

Baca juga: Wisata Kalsel : Masih Dikunjungi Wisatawan, Begini Suasana Rumah Singgah Terapung HSU

Letak Dermaga memang berada tepat di lingkar aliran sungai, sehingga arus air yang mengalir di dermaga cukup deras. Terlebih pada saat debit air sungai tinggi. 

Sehingga, perlu pembangunan dermaga yang sesuai dengan kondisi alam. Karena memerlukan biaya yang cukup besar, maka tidak bisa dianggarkan melalui dana desa.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved