Breaking News:

Berita Batola

Datangkan Damkar Batola, Rutan Marabahan Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

Dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang mungkin terjadi, Rutan Kelas IIB Marabahan gelar latihan pemadaman kebakaran

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Edi Nugroho
Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri
Petugas Rutan Marabahan saat berjibaku memadamkan api saat simulasi penanganan bencana kebakaran. 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang mungkin terjadi, Rutan Kelas IIB Marabahan gelar latihan pemadaman kebakaran bersama UPT Damkar Batola, Kamis (16/9/2021).

Kegiatan dibuka langsung Karutan Marabahan, Andi Gunawan, di Aula Pengayoman dan diikuti seluruh pegawai rutan.

\Disampaikan Karutan, jika terjadi kebakaran maka hal utama yang diselamatkan terlebih dahulu adalah jiwa manusianya, kemudian aset lainnya.

"Antisipasi pertama kita apabila terjadi kebakaran, yaitu keselamatan jiwa, baru aset penting dan yang lainnya," ungkap Andi. Jumat (17/9/2021)

Baca juga: Polemik Over Kapasitas Lapas dan Rutan, Mantan Wamenkumham RI Sodorkan 11 Poin Masukan

Baca juga: Narkoba Kalsel, Barang Titipan di Rutan Polres Banjarbaru Mencurigakan, Ternyata Isinya Sabu

Ia juga menambahkan, kegiatan pelatihan ini diagendakan setahun minimal dua kali. Untuk meningkatkan kesiapsiagaan petugas dalam penanganan penanggulangan dini pemadaman kebakaran.

Sementara itu, dipaparkan Syaiful Assegaf narasumber dari UPT Damkar Batola, langkah awal pencegahan dan penanggulangan dini apabila terjadi kebakaran sangatlah penting. Agar tingkat kerugian baik jiwa,harta benda maupun aset bisa diminimalisir.

"Setidaknya, para petugas yang sedang di lokasi bisa menangani cepat dengan baik. Makanya perlu pembekalan," terang Syaiful.

Tidak sekedar pemaparan materi dalam ruangan, kegiatan juga dilanjutkan dengan praktik langsung pemadaman api menggunakan karung goni, apar, serta pompa air yang dilaksanakan petugas Rutan Marabahan di halaman utama.
(Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved