Breaking News:

Berita Batola

Dukung Program Bedah Kampung Terintegrasi, Disbunak Batola Beri Bantuan Bibit Itik Kandang dan Pakan

Guna mensukseskan program bedah kampung terintegrasi Disbunak Batola memberikan bantuan komplit untuk warga dari kandang, hewan ternak hingga pakan

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Ilustrasi-ITIK - Nursalim Yahya mengecek ternak itiknya di belakang rumahnya, Rabu (1/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Guna mensukseskan program bedah kampung terintegrasi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Batola memberikan bantuan hewan ternak hingga pakan kepada warga. 

Diungkapkan Suwartono Susanto, Kadisbunak Batola, total ada enam desa yang menerima bantuan hewan ternak berupa itik petelur, kandang sekaligus pakannya. 

"Bantuan ini kita serahkan kepada kelompok ternak di Desa Cahaya Baru Kecamatan Jejangkit, Antasan Segera Kecamatan Mandastana, Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara, Jambu Baru Kecamatan Kuripan, dan Palingkau Kecamatan Bakumpai," terang kadis yang akrab disapa Tono ini, Jumat (17/9/2021). 

Ia juga mengatakan, untuk pengembangan ternak itik petelur ini, setiap desa diberikan sebanyak 100 ekor lengkap dengan kandang, serta masing-masing 20 sak pakan ternak per kelompok.

Baca juga: Pemuda Tanahlaut Ini Tekuni Budidaya Ternak Itik, Hasilnya untuk Biaya Kuliah dan Beli Motor

Baca juga: Kuliner Kalsel, Itik Panggang Bakambit dan Pizza Pomaton, Menu Khas Two Seasons Al Maidah Bincau

Baca juga: Terdampak Banjir, Peternak Banjarbaru Dibantu 3.000 Ekor Itik

Melalui program penyerahan bantuan ini, ia berharap dapat berguna untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, hingga menggerakkan perekonomian dan bisa dikembangkan ke kelompok-kelompok lainnya. 

Di samping itu, Tono juga menerima masukan. Untuk Desa Jejangkit Timur Kecamatan Jejangkit, warga meminta pengembangan atau peternakan kambing.

Menanggapi hal ini, ia mengaku masih melihat persediaan APBD dan melihat potensi wilayah apakah memungkinkan

"Jika memungkinkan, kita akan berikan 14 ekor kambing," imbuhnya.

Terkait program yang dijalankan ini, Disbunak tidak sekedar memberikan bantuan, namun juga melakukan monitoring, evaluasi, dan pembinaan kepada kelompok yang menerima bantuan. (Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved