Breaking News:

BTalk

BTalk, Menangguk Berkah di Bulan Maulid

Ustaz HM Rusdi, Penyuluh Agama Islam Kabupaten Banjar, menjelaskan pada Maulid Nabi Muhammad SAW ummat membaca Qur'an, berselawat, sedekah dan lainnya

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Makna yang bisa dipetik dari bulan berkah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW diuraikan Ustaz HM Rusdi SHI, Penyuluh Agama Islam Kabupaten Banjar, pada acara BTalk, Kamis (2/9/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,  BANJARMASIN - Tak lama lagi memasuki bulan Rabiul Awal 1443 H.  

Setiap kali memasuki bulan Maulid, selalu ramai kegiatan keagamaaan karena 12 Rabiul Awal merupakan hari lahir Nabi Besar Muhammad SAW.

Berkah apa yang bisa didapat umat muslim atas kelahiran junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW? Apa makna yang bisa dipetik dari bulan berkah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

BTalk Banjarmasin Post Bicara Apa Saja menghadirkan Ustaz HM Rusdi SHI, Penyuluh Agama Islam Kabupaten Banjar, menjelaskan tentang Menangguk Berkah di Bulan Maulid, Kamis (30/92021) pukul 16.00 Wita. Perbincangan dipandu Jurnalis Banjarmasin Post, M Taufik.

Siaran ini bisa disimak ulang di kanal Youtube Banjarmasin Post News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online.

Baca juga: BTalk, Kutak Kutik Soal Kutil Dibahas Bersama Dokter Kulit RSUD Ansari Saleh Banjarmasin

Baca juga: Btalk : Menuai Berkah dari Anak Yatim

Menurut Ustaz Rusdi, perayaan Maulid pertama kali diadakan oleh Sultan Abu Said Muzhaffar Kukabri, Gubernur Irbil di wilayah Irak pada 549-630 H.

Diceritakan, saat perayaan Maulid diadakan, Muzhaffar Kukabri mengundang para ulama, ahli tasawuf, ahli ilmu dan rakyatnya. Kemudian, menjamu mereka makan, memberi hadiah, bersedekah kepada fakir miskin dan lainnya.

"Nabi memang tidak melaksanakan perayaan kelahiran beliau. Namun secara isyarat dapat kita simak pada salah satu hadits bahwa ketika sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad kenapa beliau berpuasa di hari Senin, jawab beliau karena hari Senin adalah hari kelahiranku. Ini mengisyaratkan bahwa Nabi bersyukur atas hari kelahirannya," jelas Rusdi.

Isi perayaan pada Bulan Maulid, meningkatkan pada hal-hal yang baik dan bermanfaat. Antara lain, pembacaan Al-Qur'an, pembacaan biografi atau siroh nabi, berdoa, berzikir, berselawat yang merupakan ungkapan rasa syukur, rasa hormat kepada Nabi.

"Berkah perayaan Maulid, antara lain kita dapat bersilaturahmi, membaca Al-Qur'an, bersedekah. Juga kita diingatkan melaksanakan sunah-sunah Nabi dan senang berselawat," papar Rusdi.

Perbincangan mengenai peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di acara BTalk menghadirkan Ustaz HM Rusdi SHI, Penyuluh Agama Islam Kabupaten Banjar, sebagai narasumber dan dipandu Jurnalis Banjarmasin Post, M Taufik, Kamis (2\\\\\\\\\\\\\\\\30/9/2021).
Perbincangan mengenai peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di acara BTalk menghadirkan Ustaz HM Rusdi SHI, Penyuluh Agama Islam Kabupaten Banjar, sebagai narasumber dan dipandu Jurnalis Banjarmasin Post, M Taufik, Kamis (2\30/9/2021). (BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved