Tour de Loksado 2021

VIDEO Peserta Tour de Loksado 2021 Dihibur Wisata Bamboo Rafting

Wisata Bamboo Rafting yang diikuti peserta pada hari terakhir kegiatan menjadikan gelaran Tour de Loksado 2021 makin berkesan dan lebih meriah.

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sektor pariwisata daerah di Kalimantan Selatan kembali bangkit melalui event wisata olahraga Tour de Loksado 2021 yang diikuti ratusan peserta lokal hingga luar pulau Kalsel.

Hal ini ditandai dengan digelarnya kembali kegiatan tahunan wisata olahraga bertajuk Tour de Loksado 2021 yang dilaksanakan selama dua hari dimulai dari tanggal 16-17 Oktober 2021.

Peserta mulai start dari Kiram Park, Kabupaten Banjar, melintasi satu kota dan tiga kabupaten di Kalimantan Selatan, yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, dan Hulu Sungai Selatan.

Tour de Loksado 2021 merupakan kegiatan olahraga bersepeda yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Baca juga: Tenggelam di Kalsel : Hanyut di Sungai Desa Hampang Kotabaru, Kakak Beradik Ditemukan Meninggal

Baca juga: Ketergantungan Zat Adiktif Masuk Gangguan Jiwa, Pecandunya Ada Usia 15 Hingga 17 Tahun

Baca juga: Ponpes Darul Fityan Lil Ilmi Wadda’wah Dibangun di Madurejo, Bupati Banjar Berharap Jadi Berkah

Pada tahun ini event Tour de Loksado merupakan event ketiga yang digelar setelah 2018 dan 2019.

Sedangkan pada 2020 lalu event Tour de Loksado ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Tidak seperti tahun sebelumnya yang mencapai 500 peserta, jumlah peserta pada gelaran tahun ini dibatasi maksimal 220 orang, dengan rincian 207 peserta laki-laki dan 13 peserta perempuan.

Tidak hanya dari Kalimantan Selatan, peserta pada tahun ini datang dari berbagai provinsi diluar Kalsel diantaranya Kaltim, Kalteng, Jawa Barat, hingga DKI Jakarta.

Kategori peserta pada tahun ini terbagi dalam kelompok pria dan wanita. Untuk pria dibagi lagi dalam kategori umur 16-25 tahun, 26-35 tahun, 36-40 tahun, 41-45 tahun, dan umur 46 tahun ke atas.

Panitia juga memfasilitasi Tes Antigen bagi para peserta untuk memastikan mereka bebas dari Covid-19.

Event tour sepeda terbesar di Kalsel ini dibagi menjadi event Kompetisi KOM (King of Mountain) dan QOM (Queen of Mountain) khusus bagi sepeda Road Bike dari Jalur Kandangan menuju Loksado.

Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan pitstop persinggahan peserta untuk beristirahat dan mengembalikan tenaga setelah menempuh perjalanan lebih dari 100 kilometer.

Selanjutnya, peserta akan menuju kegiatan puncak dengan jalur ekstrim menuju Loksado.

Sekitar kurang lebih satu jam beristirahat di area Lapangan Lambung Mangkurat, peserta dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah HSS Drs H Muhammad Noor, yang juga selaku Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) HSS.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved