Breaking News:

DPRD Kotabaru

Ngadu ke DPRD Kotabaru, Asosiasi Kades Tuntut PT Inhutani Serahkan Aset Jalan ke Desa

Asosiasi Kepala Desa di Kecamatan Pulaulaut Timur dan Pulaulaut Tengah, mendatangi kantor DPRD Kotabaru.

Penulis: Herliansyah | Editor: Hari Widodo
Humas DPRD Kotabaru
Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis (kiri) berbincang dengan Kadis PUPR Kotabaru Maulidiansyah, Rabu (10/11/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Asosiasi Kepala Desa di Kecamatan Pulaulaut Timur dan Pulaulaut Tengah, mendatangi kantor DPRD Kotabaru.

Kedatangan mereka menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan instansi terkait jalan masuk dalam konsesi PT Inhutani II Kotabaru.

Keinginan asosiasi kades itu, karena ada beberapa ruas jalan masuk admistrasi desa. Namun ketika diakses perbaikan jalan desa terkendala.

Ada keinginan masyarakat meminta agar aset diserahkan ke desa. Sebab ada beberapa ruas jalan di dalam APL (area penggunaan lain). Selebihnya masuk konsesi PT Inhutani.

Dikemukakan Ketua DPRD Syairi Muklis S.Sos, sesuai keterangan kepala desa. Namun berdasarkan natulen RDP, mengenai pengalihan fisik adalah kewenangan Pemerintah Daerah melalui Bupati untuk bermohon.

Kendati demikian sesuai RDP, pihaknya di DPRD akan membuat sebuah rekomendasi dan memohon kepada Pemerintah Daerah untuk sesegeranya melakukan pengajuan tersebut.

Termasuk lahan-lahan masyarakat yang berada dalam konsesi PT Inhutani, sementara berada di APL agar secepatnya diproses dalam rangka mengembalikan hak masyarakat. Seperti diatur dalam Permen dan yang terbaru.

Dengan harapan persoalan ini segeranya bisa selesai dan tidak berbuntut pada persoalan yang lebih besar dikemudian harinya. 

Pertemuan dihadiri Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kades dan Camat Pulaulaut Tengah. (aol/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved