Breaking News:

Berita Balangan

Sempat Melanda Sejumlah Desa dan Kecamatan, Banjir di Balangan Kini Sudah Mengering

Banjir yang sempat melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kondisinya sudah mengering.

Penulis: Dony Usman | Editor: Syaiful Akhyar
BPBD Balangan
Kondisi terkini di Batu Mandi sudah tidak lagi kebanjiran. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Banjir yang sempat melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), kondisinya sudah mengering.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, banjir awalnya terjadi Kamis (18/11/2021) akibat luapan air sungai karen curah hujan yang tinggi.

Banjir melanda Kaladan Kelurahan Batu Piring Kecamatan Paringin Selatan serta Desa Mampari, Desa Rewa dan Desa Bungur, Kecamatan Batu Mandi.

Kondisi terkini, Sabtu (20/11/2021) siang, di empat desa tersebut saat ini sudah tidak lagi kebanjiran dan air sudah mengering.

Baca juga: Banjir di Kalsel - Sampah Sumbat Sungai Kayu Rabah Sulitkan Warga Kabupaten HST Angkut Panen

Baca juga: BTalk, Persiapan Mental Menghadapi Pernikahan Menurut Galuh Dwinta dari FKG ULM Kalsel

Baca juga: Perwakilan 13 Pengcab POBSI Beradu di Kejurprov Biliar Kalsel 2021

Plt Kepala BPBD Balangan, H Rahmi yang dikonfirmasi, membenarkan, kondisi air sudah turun dan tidak lagi menyebabkan adanya banjir.

"Anggota TRC BPBD Balangan telah melakukan croscek pascagenangan air akibat curah hujan tinggi di beberapa desa di wilayah Kecamatan Batumandi dan Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan," katanya.

Dari hasil pengecekan lapangan diketahui di empat wilayah yang awal banjir sudah tidak ada lagi halaman rumah warga yang tergenang.

Begitu juga badan jalan sudah kering karena tidak ada lagi yang terendam dan kondisinya aman untuk dilalui kendaraan.

Meski saat ini banjir sudah mengering, H Rahmi tetap mengingatkan agar masyarakat waspada mengingat adanya potensi hujan yang tinggi akibat la nina.

"Masyarakat agar selalu siaga dan waspada terhadap segala situasi perkembangan cuaca ekstrim, terurama sudah mengamankan harta benda dan memperhatikn listrik di rumahnya saat terjadi curah hujan tinggi," imbaunya.

(banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved