Breaking News:

Fenomena Nadir Kabah

Fenomena Nadir Kabah Hari Ini, Simak Makna dan Penyebabnya

Fenomena Nadir Kabah kali ini menjadi fenomena astronomi terakhir pada November 2021. Saatnya meluruskan arah kiblat.

KEMENAG KABUPATEN KAPUAS UNTUK BPOST GROUP
Petugas dari Kemenag Kabupaten Kapuas saat pengukuran arah kiblat masjid dan musala di wilayah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Fenomena Nadir Kabah hadir lagi hari ini, Senin (29/11/2021). Fenomena Nadir Kabah kali ini menjadi fenomena astronomi terakhir pada November 2021. Saatnya meluruskan arah kiblat.

Berikut ini penjelasan BRIN-Lapan soal fenomana Nadir Kabah, seperti dilansir dari Kompas.com.

Diketahui, Peneliti Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN atau lebih dikenal dengan Lapan, Andi Pangerang mengatakan, Nadir Kabah terjadi ketika Matahari berada tepat di bawah titik nadir atau terbawah saat tengah malam bagi pengamat yang berlokasi di Kabah.

Baca juga: Hari Ini Qibla Day, Catat Waktu Saat Matahari di Atas Kabah, Dilengkapi Cara Verifikasi Arah Kiblat

Baca juga: CARA Dapat Diskon Listrik Desember 2021, Ini Kategori Pelanggan yang Berhak

"Karena bentuk Bumi yang bulat, maka Matahari akan berada tepat di atas titik antipode Kabah ketika tengah hari," kata Andi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Titik antipode merupakan titik yang terletak di belahan Bumi dan berlawanan terhadap Kabah.

Karena fenomena ini, ujung bayangan Matahari yang mengalami pagi, siang, dan sore akan mengarah ke kiblat.

Andi menuturkan, fenomena Nadir Kabah terjadi dua kali dalam setahun.

Tahun ini, Nadir Kabah telah terjadi pada 13 Januari pukul 00.29 waktu Arab Saudi dan 29 November pukul 00.09 waktu Arab Saudi atau 06.09 WIT.

Para petugas sedang menentukan arah kiblat untuk masjid yang akan dibangun di kompleks Islamic Center di kawasan Tugu Bundaran Ketupat, Hamalau, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin, (21/6/2021).
Para petugas sedang menentukan arah kiblat untuk masjid yang akan dibangun di kompleks Islamic Center di kawasan Tugu Bundaran Ketupat, Hamalau, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan, Senin, (21/6/2021). (DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN)

Meluruskan arah kiblat

Menurut dia, penggunaan Nadir Kabah dalam meluruskan arah kiblat hanya bisa dilakukan di wilayah ketika Matahari berada di atas ufuk.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved