Breaking News:

Berita Batola

Polemik Sawit Plasma di Kolam Kanan Batola Selesai, Proses Hukum Tetap Berlanjut

Kendati ruwetnya pengelolaan perlahan dapat diurai, Kejari Batola memastikan permasalahan hukum yang sawit plasma tetap berlanjut.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Penandatanganan perjanjian kerjasama operasional PT ABS dengan Pemdes Kolam Kanan melalui BUMDES Adil Sejahtera yang berlangsung di Kejari Batola. Kamis (13_1_2022) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Setelah berpolemik sekitar 11 tahun terakhir, pengelolaan sawit plasma antara petani Desa Kolam Kanan, KUD Jaya Utama dan PT Agri Bumi Sentosa akhirnya menemukan titik temu pada Kamis (13/1/2022).

Ketiga pihak sepakat pengelolaan operasional dipercayakan kepada Pemerintah Desa Kolam Kanan melalui Bumdes Adil Sejahtera setahun kedepan dengan berbagai ketentuan.

Kendati ruwetnya pengelolaan perlahan dapat diurai, Kejaksaan Negeri (Kejari) Barito Kuala memastikan permasalahan hukum yang mengiringi tetap berlanjut.

Baca juga: Dermaga Penyeberangan Pindahan Baru Batola Diprioritaskan Tahun Ini

Baca juga: Polemik Sawit Plasma di Kolam Kanan Batola Selesai, Operasional Dikelola Bumdes Selama Setahun

Hal ini dimulai sejak 22 Oktober 2021, dimana kasus plasma sawit antara petani di Desa Kolam Kanan dengan KUD Jaya Utama yang bermitra dengan PT ABS itu telah dilakukan tahap penyelidikan Pidana Khusus (Pidsus).

Peningkatan tahapan ini disebabkan indikasi kerugian negara dalam pengelolaan di masa lalu.

Namun jumlah kerugian dan tersangka, akan diketahui setelah penyelidikan selesai.

Baca juga: 25 Pelamar Berhasil Lulus Seleksi CPNS Tabalong, Tahapan Masa Sanggah Sudah Dilalui

"Meski pengelolaan sudah ada kesepakatan sebagai solusi, proses hukum tetap berjalan dan tidak akan gugur," terang Eben Neser Silalahi, Kepala Kejari Batola

Meskipun belum membeberkan nama dan jumlah kerugian negara, pihaknya menargetkan, status perkara sudah dapat diperjelas di akhir Januari 2022 ini.

(Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved