Bumi Sanggam

Ikuti Ujian Berbasis CAT, 226 Peserta Beradu Nasib untuk mendapatkan lisensi Penggunaan Radio Amatir

226 peserta Ujian Negara Amatir Radio (UNAR)  di Kabupaten Balangan beradu nasib untuk mendapatkan lisensi atau izin penggunaan amatir radio

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Peserta  UNAR di Kabupaten Balangan persiapan melakukan tes berbasis CAT untuk mendapatkan lisensi penggunaan amatir radio.   

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - 226 peserta Ujian Negara Amatir Radio (UNAR)  di Kabupaten Balangan beradu nasib untuk mendapatkan lisensi atau izin penggunaan amatir radio.

Izin tersebut didapat melalui ujian berbasis CAT yang harus dilewati oleh peserta. 

Semua calon penerima izin yang terdiri dari berbagai kalangan mengikuti kegiatan UNAR yang berlangsung di SMKN 1 Batumandi,  Balangan, Minggu (6/1/2022).

Sedikitnya ada empat ruangan laboratorium yang difasilitasi oleh sekolah untuk UNAR Non Reguler tahal satu yang pesertanya dari wilayah Banua Anam, Kalsel.

Baca juga: Walhi Kalsel Serahkan Bantuan Early Warning System Berbasis Radio Amatir kepada Pemkab HST

Baca juga: RAPI Kalsel Minta Pengurus Baru di Tanahlaut Bersinergi dengan Pemda, ini Tujuannya

Ketua Orari Kalsel,  Ahmad Yani menerangkan pelaksanaan UNAR tahap satu kali ini difokuskan pada peserta di Balangan dan sekitarnya,  mengingat pandemi Covid 19 masih terjadi. 

"Ke depan kami juga akan menjadwalkan UNAR pada daerah lain di luar Banua Anam," ucap Ahmad Yani. 

Sementara itu, perihal gelaran UNAR kali ini, Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin, Mujiyo menjelaskan kegiatan UNAR dimaksudkan untuk melihat kemampuan dari calon pengguna amatir radio untuk mendapatkan izin.

"Dengan adanya UNAR ini yang bersangkutan berhak mendapatkan, mendirikan, menggunakan stasion amatir radio dan berhak melakukan kegiatan amatir radio," terang Mujiyo. 

Pada pelaksanaan UNAR berbasia CAT, peserta mendapatkan kesempatan sebanyak tiga kali dalam mengetes kemampuan mereka.

Baca juga: KalselPedia - RAPI 02 Banjar, Punya Program Bantu Relawan Haul Ulama di Kabupaten Banjar

Dari tiga kesempatan tersebut peluang kelulusan pun dianggap semakin besar.

Mereka yang lulus ucap Mujiyo akan memiliki perizinan dalam penggunaan amatir radio dan terdata di Badan Monitoring Banjarmasin. Dimana saat ini sudah tercatat ada lebih 6000 pengguna radio amatir untuk seluruh Kalsel.

Ia juga menyampaikan, bahwa pelaksanaan UNAR bukan hanya berlangsung di daerah. Namun setiap bulannya digelar secara rutin di Kantor Balai Monitoring di Banjarmasin. (Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved