Narkoba di Banjarmasin

Tangkap 14 Budak Narkoba Sejak Januari-Februari, Hari Ini Sabu dan Ekstasi Dimusnahkan

14 Tersangka kasus narkoba berhasil ditangkap Satresnarkoba Polresta Banjarmasin. Hari ini, Sabu dan ekstasi dimusnahkan

Penulis: Noor Masrida | Editor: Hari Widodo
Humas Polresta Banjarmasin untuk Bpost
Pemusnahan barang bukti sabu dan pil ekstasi di depan gedung satresnarkoba Polresta Banjarmasin, Jumat (25/2/2022)    

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selama Januari dan Februari 2022, Satresnarkoba Polresta Banjarmasin, berhasil mengungkap kasus narkoba dari 14 orang tersangka. 

Barang bukti berupa sabu hingga pil ekstasi pun kemudian dimusnahkan di depan Gedung Satresnarkoba Polresta Banjarmasin pada Jumat (25/2/2022). 

Giat ini dipimpin Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana A Martosumito, dan dihadiri Kasat Resnarkoba, didampingi Kompol Mars Suryo Kartiko. 

"Untuk barang bukti yang diamankan, narkotika jenis sabu dengan total berat bersih sebesar 1.498, 3 Gram dan ekstasi sebanyak 235 butir," jelas Kapolresta Banjarmasin. 

Baca juga: Narkoba Kalsel - Penggeledahan Polres Banjarbaru di Kontrakan Lelaki ini Temukan 2,60 Gram Sabu

Baca juga: Sadar Dibuntuti Polisi, Pengedar Narkoba di Tabalong Kalsel Ini Buang Sabu Lalu Kabur

Baca juga: Tiga Pria Budak Narkoba Sabu Diringkus Anggota Polres Tanbu Kalsel

Apabila diuangkan, barang bukti yang berhasil diamankan mencapai miliaran rupiah dan dari hasil tangkapan itu pihaknya berhasil menyelamatkan sebanyak 22.709 orang jiwa.

"Dengan estimasi 1 gram narkotika jenis sabu dapat dipakai untuk 15 orang," tambahnya. 

Dalam pengungkapan selama dua bulan terakhir, para pelaku yang diamankan juga ditemukan para pelaku yang residivis.

Setelah melakukan press release di hadapan awak media, sabu dan ekstasi kemudian dilarutkan ke dalam wadah berisi air yang dicampur cairan deterjen. 

Para tersangka pun dihadirkan untuk menyaksikan pemusnahan barang bukti masing-masing.  Yang cukup menyita perhatian adalah tersangka inisial J dan suaminya HM. Tangan kanan si istri yakni J diborgol ke tangan kiri HM. 

Di antara keempat belas tersangka, pasangan inilah yang cukup banyak mengedarkan narkoba. 

HM terbukti memiliki 6 paket sabu-sabu seberat 504.23 gram sedangkan J istrinya menyimpan 65.4 gram sabu juga 216 butir pil ekstasi seberat 79.9 gram. 

Dengan wajah tertunduk, keduanya menghadapi Kapolresta Banjarmasin yang memasukkan sabu barang bukti mereka ke dalam ember. 

Dengan ditangkapnya pasangan ini, J dipastikan akan melahirkan di penjara lantaran saat ini wanita itu sedang hamil anak pertamanya. 

Baca juga: Dua Pria Bawa Sabu Digiring Petugas Satresnarkoba ke Sel Polres Tanbu Kalsel

Atas perbuatannya, para pelaku ini diancam dengan UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika pasal 114 ayat (2) jo 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1).

Kegiatan ini juga dihadiri pihak BNN Kota Banjarmasin, Kejaksaan Negeri Banjarmasin, dan juga LKBH Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. (Banjarmasinpost.co.id/Noor Masrida)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved