Breaking News:

Tips Sehat

Tak Mudah Lemas Saat Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Tips Menu Sahur Sehat

Puasa seharian penuh bisa jadi membuat tubuh kehilangan cairan berakibat mudah lemas. dr Zaidul Akbar atau Dokter Zaidul Akbar bagikan tips.

Penulis: Mariana | Editor: Murhan
Youtube dr Zaidul Akbar Official
dr Zaidul Akbar 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Puasa seharian penuh bisa jadi membuat tubuh kehilangan cairan berakibat mudah lemas dan loyo dalam beraktivitas. dr Zaidul Akbar bagikan tips.

Tips Dokter Zaidul Akbar yang dikenal sebagai ahli kesehatan ala Rasulullah SAW itu berupa menu sahur sehat sebagai solusinya.

Puasa adalah satu ibadah yang diperintahkan kepada umat Islam untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Baik puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan Ramadhan, ibadah yang satu ini sama-sama menahan hawa nafsu, di antaranya tidak makan dan minum di siang hari.

Baca juga: Perut Tak Akan Buncit, dr Zaidul Akbar Beri Bocoran Menu Sehat untuk Sarapan yang Mengenyangkan

Baca juga: Bau Mulut Bikin Pede Anjlok, dr Zaidul Akbar Bagikan Solusi Alami Gunakan Bahan di Dapur

Selain mendapat pahala, puasa juga memberikan efek menyehatkan tubuh sebab adanya pembatasan makanan yang masuk dapat mencegah berbagai penyakit.

dr Zaidul Akbar menjelaskan beberapa jenis makanan olahan perlu dikurangi saat sahur.

"Sebenarnya konsep makan itu adalah kita hanya perlu makan makanan yang benar. Pertama, makanan olahan itu dikurangi, di waktu sahur saya menyarankan untuk mengonsumsi lemak," jelas dr Zaidul Akbar dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Bisikan.com.

Lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh atau lemak yang baik bagi tubuh. Contoh lemak tersebut ada pada kandungan minyak zaitun dan alpukat.

Minyak zaitun adalah minyak terbaik, karena zaitun mengandung mufa atau Unsaturated fatty acid yang golongan medium.

dr Zaidul Akbar menambahkan, kalau tidak ada minyak zaitun ganti dengan VCO (minyak kelapa), atau bisa juga minum santan.

"Santan peras itu kasih madu dan jahe," ujar Zaidul Akbar

Dan baiknya menurut Zaidul Akbar santan yang diminum bukan santan kotak atau kemasan.

Ditambahkannya, kalau orang luar menyebut santan ini sebagai coconut milk atau susu kelapa, yang termasuk lemak baik. Sedangkan komposisi dari santan yaitu protein dan lemaknya mirip dengan asi.

Agar tidak loyo dan lemas saat berpuasa dr Zaidul Akbar pun memberikan tips jenis makanan yang perlu dikonsumsi saat sahur.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved