Kriminalitas Balangan

Bawa Miras Tanpa Rekomendasi, Pemuda 26 Tahun Diamankan Personel Polsek Juai 

Kedapatan membawa minuman keras (miras) tanpa rekomendasi, seorang pemuda 26 tahun diamankan oleh jajaran Polsek Juai, Polres Balangan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Persidangan terhadap UM, terdakwa kasus tindak pidana ringan mendistribusikan miras yang diamankan oleh jajaran Polsek Juai, Balangan, Rabu (30/3/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kedapatan membawa minuman keras (miras) tanpa rekomendasi, seorang pemuda 26 diamankan oleh jajaran Polsek Juai, Polres Balangan. 

Pemuda berinisial UM itu terpaksa harus menjalani hukuman dan mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Pemuda kelahiran Sukabumi mengikuti persidangan tindak pidana ringan (tipiring) yang digelar pada Rabu (30/3/2022) setelah melalui sejumlah proses.

UM diangggap telah melakukan kasus tindak pidana ringan dilarang mendistribusikan minuman beralkohol tanpa rekomendasi Gubernur sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 15 Ayat (1) Jo Pasal 9 ayat (1) Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan No. 07 Tahun 2008 tentang Pengendalian, Pengawasan dan Peredaran Minuman Beralkohol.

Baca juga: Polres Tapin Musnahkan Ribuan Botol Miras Berbagai Merk Hasil Sitaan Selama Satu Tahun

Baca juga: Pesta Tuak, Tiga Pemuda dan Dua Penjual Miras Terjaring Giat Satpol PP Banjarbaru

Kapolsek Juai, Iptu Faisal Kadapi menerangkan penangkapan terhadap UM dilakukan saat adanya operasi Pekat yang digelar oleh jajaran Polsek Juai di Desa Muara Ninian. 

UM kedapatan membawa minuman beralkohol berupa anggur merah dan bir bintang.

Minuman tersebut menjadi barang bukti yang diamankan oleh Polsek Juai.

"Terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh UM, kami mengamankan dua botol minuman keras jenis anggur merah cap Orang Tua dan satu botol bir Bintang," ucap Iptu Faisal.

Dalam kasus ini, berdasarkan hasil putusan sidang perkara tindak pidana rindan Nomor : 2 / Pid.C / 2022 / PNPrn.Pengadilan Negeri Paringin Tanggal 30 Maret 2022 .

Menyatakan UM terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pelanggaran ,tanpa hak mendistribusikan minuman beralkohol.

Baca juga: Pemuda Pesta Miras di Taman Kijang Kencana Dipulangkan, Mengira di Pelaihari Boleh Mabuk

Baca juga: Petugas Satpol PP Kabupaten Tala Kembali Bergerak, 4 Orang Pesta Miras Digaruk

UM dijatuhkan denda sejumlah Rp.250.000 dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak di bayar di ganti dengan pidana kurungan selama tujuh hari.

Kemudian menetapkan barang bukti untuk dimusnahkan dan membebankan UM untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp 5.000. (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved