BTalk Health and Beauty

BTalk, Cara Aman dan Sehat Konsumsi Daging

Ahli gizi dari RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, Rissa Saputri, diundang untuk membahas konsumsi daging hewan kurban dalam acara BTalk, Selasa (12/7).

Penulis: Salmah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Ahli gizi dari RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, Rissa Saputri, SGz, MPH, menjadi narasumber dalam acara BTalk, berbincang mengenai Cara Aman dan Sehat Konsumsi Daging, Selasa (12/7/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Usai Idul Adha 1443 H tentunya masih ada masyarakat yang menyimpan daging kurban baik daging sapi maupun kambing di kulkas. Termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel), tentunya.

Lantas, bagaimana sebaiknya mengonsumsi kedua jenis daging tersebut?

Untuk itu, Rissa Saputri, SGz, MPH, diundang untuk membahas tema Cara Aman dan Sehat Konsumsi Daging pada acara BTalk, Banjarmasin Post Bicara Apa Saja, Selasa (12/7/2022) pukul 16.00 Wita.

Acara Btalk yang dipandu Anjar Wulandari, Jurnalis BPost ini rekamannya juga bisa disaksikan di kanal Youtube Banjarmasin News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online. 

Risa yang berprofesi sebagai Nutrisiosnis RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, Kalimantan Selata (Kalsel), menjelaskan, perlu diperhatikan pertama adalah cara penyimpanan.

Baca juga: Baca juga: Sidang Lanjutan Sengketa Perpindahan Ibu Kota Kalsel di MK RI Hari Ini Ditunda

A Yani KM 1 Banjarmasin Bocor, Pelanggan 2 Kecamatan Terdampak

"Bagi dulu dagingnya sesuai porsi masak. Simpan di pendingin dalam kemasan yang aman untuk makanan," jelasnya.

Seiring adanya kasus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada ternak sapi dan kambing, walaupun tidak menular pada manusia tapi sebaiknya lakukan tata cara yang aman untuk menjaga lingkungan.

"Sebelum disimpan di kulkas, dagingnya jangan dicuci, tapi simpan dulu di chiller (bagian pendingin) selama 24 jam, kemudian pindah ke freezer (pembeku)," jelasnya.

Kenapa jangan dicuci? Sebab di masa PMK ini virus dapat bertahan di air hingga 75 jam. Berbeda jika tidak ada wabah, maka silakan dagingnya dicuci.

Penyimpanan di freezer dapat bertahan hingga tiga bulan. Saat makanan akan diolah maka rebus 30 menit dengan panas 100 derajat, kemudian buang airnya, selanjutnya silakan dimasak.

Baca juga: Kasus Arisan Online Fiktif di Banjarmasin, Tuntutan Terhadap Terdakwa Dibacakan Pekan Depan

Baca juga: Terpergok Tuan Rumah, Seorang Pria Gagal Mencuri di Sungai Andai Kota Banjarmasin

"Mengenai konsumsi daging sapi, kambing, domba terhadap risiko gangguan kesehatan, maka yang perlu diperhatikan adalah kandungan zat gizinya," jelas Rissa.

Tiga kandungan itu, yaitu protein, lemak dan natrium. Sesuai Tabel Komposisi Pangan yang dilansir Kementerian Kesehatan pada 2017 (acuan gizi) kandungan masing-masing ada ukurannya per 100 gram.

Per 100 gram, kandungan protein daging sapi adalah 19 gram, sedangkan kambing dan domba 18 gram.

Per 100 gram, daging sapi lemaknya 12 gram, sedangkan kambing 9 gram dan domba lemaknya paling tinggi yait 25-28 gram.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved