Breaking News:

Berita Banjarbaru

Kabar Sebagian Guru PPPK Ditempatkan di Luar Provinsi, Disdikbud Kalsel Sebut Masih Memerlukan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel belum tahu sebagian lulusan PPPK guru akan ditempatkan di luar provinsi, sementara daerah masih sangat perlu.

Penulis: Milna Sari | Editor: Alpri Widianjono
BIRO ADPIM SETDAPROV KALSEL
ILUSTRASI - Pelantikan dan pengambilan sumpah PPPK Guru di SMAN Banua, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (11/5/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kabar mengenai sebagian lulusan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kalimantan Selatan akan ditempatkan di luar provinsi, belum diketahui Disdikbud Kalsel.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kalsel, Fahrudinoor, Selasa (19/7/2022), pihaknya belum mengetahui penempatan lulusan PPPK guru SMA, SMK dan SLB ditempatkan di luar provinsi.

"Setahu kami sampai ini, jika ada dua jalur dalam perekrutan PPPK tahun 2022, yakni formasi khusus mereka yang sudah lulus passing grade sekitar 500 orang dan jalur umum. Tapi kapan perekrutannya, kami juga masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat," urainya.

Ditambahkan Fahrudin, atas usulan dari Kepala Disdikbud Kalsel, pemprov mendapatkan kouta 1.049 guru PPPK di perekrutan pada 2022.

Sebelumnya, Disdikbud Kalsel mengusulkan lebih dari 2 ribu orang guru yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Baca juga: Diangkat PPPK Tanpa Tes, Sebanyak 349 Guru Honorer di Kalsel Terancam Ditempatkan di Luar Provinsi

Baca juga: Naik Rp 14 Ribu, Kini Airport Tax Bandara Internasional Syamsudin Noor Jadi Rp 114.330

Baca juga: Sidang Lanjutan Sengketa Perpindahan Ibu Kota Kalsel, Arteria Dahlan Sebut Ada Pembangkangan

"Sesuai jumlah yang terdaftar di Dapodik, ada 2 ribuan lebih guru honorer kita yang belum PPPK," katanya.

Jika dalam perekrutan PPPK tahun ini guru honorer yang mendaftar juga tak lolos seleksi PPPK, ujar Fahrudin, maka yang bersangkutan akan tetap menjadi guru honorer.

Saat ini guru PPPK di Kalsel, ungkapnya, masih sangat diperlukan selama guru PNS belum bisa terpenuhi di sekolah-sekolah. Bahkan, masih banyak sekolah yang masih belum terpenuhi untuk guru PNS.

Terkait mekanisme perekrutan PPPK pada 2022, dikatakan Fahrudin, dirinya masih belum tahu.

Menurutnya, bisa saja 500 orang guru yang lulus passing grade diprioritaskan lulus, sedangkan 1.049 lowongan PPPK guru lainnya untuk formasi umum.

Baca juga: Tambahan 3 Alat Sistem Tilang Elektronik Telah Terpasang di Kota Banjarmasin

Baca juga: Rudapaksa Anak Kandung, Ayah di Banjarmasin Ini Merasa Korban Mirip Istrinya

Baca juga: Kecelakaan di Kalsel, Tabrakan dengan Mobil Tangki, Siswa SMKN 2 Amuntai Meninggal Dunia

"Karena kami dari Disdikbud Kalsel hanya menfasilitasi menyediakan tempat untuk tes, kewenangan perekrutan ada di BKD, jadi mungkin BKD lebih tahu terkait itu," katanya.

Sebelumnya, Plt Kepala BKD Kalsel, Syamsir Rahman, mengatakan, sebagian lulusan PPPK guru di Kalsel akan ditempatkan di luar Kalsel sesuai aturan dari Kemenpan RB.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved