Bumi Bersujud

Wujudkan Petani Milenial,  Bappedalitbang Tanbu Salurkan Bantuan Hibah Kompetitif Program YESS

Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, menyerahkan bantuan hibah kompetitif (HK) program YESS 2022 kepada wirausaha muda atau milenial di bidang pertanian

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Dinas Kominfo Tanbu
Sekda Tanbu Saat Serahkan bantuan secara simbolis bantuan hibah kompetitif Program YESS kepada petani milenial, Rabu (17/8/2022) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) dr HM Zairullah Azhar melalui Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, menyerahkan bantuan hibah kompetitif (HK) program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) Tahun 2022 kepada para wirausaha muda atau milenial di bidang pertanian.

Bantuan yang diterima petani milenial tersebut diserahkan di halaman Kantor Bupati usai pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Andi Anwar Sadat, mengatakan bantuan yang diberikan itu merupakan upaya pengembangan bidang pertanian. 
  
"Bertepatan di peringatan HUT  Ke-77  kemerdekaan RI ini, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Sekda melalui program YESS untuk millenial umur 18 sampai 35 tahun," kata Andi Anwar Sadat didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, H Hairuddin. 

Ia menjelaskan, program YESS merupakan program kerjasama antara Kementerian Pertanian RI dengan International Fund for Agricultural Development  (IFAD) yang dirancang untuk menghasilkan wirausaha muda di bidang pertanian atau petani milenial.

Pada tahun 2022 ini, sambung Anwar Sadat, yang menerima bantuan program YESS ada sebanyak 14 wirausaha muda dari ratusan proposal yang masuk dan tahap verifikasi.

" Program Yess ini sendiri bertujuan untuk regenerasi petani yang saat ini masih didominasi oleh petani dalam kategori usia sudah tua. Ini sebagai upaya agar minat petani muda kita masih terus ada, " katanya. 

Harapanya melalui program ini dapat meningkatkan  kompetensi sumberdaya manusia dari pedesaan yang menekuni bidang pertanian sehingga tercipta wirausaha pertanian dari kalangan milenial, yang juga  berdampak  pada meningkatnya produksi pertanian di Bumi Bersujud.

Foto Bersama kepala Bappedalitbang dan Dinas Pertanian dengan penerima bantuan hibah kompetitif Program YESS.
Foto Bersama kepala Bappedalitbang dan Dinas Pertanian Tanbu dengan penerima bantuan hibah kompetitif Program YESS. (Diskominfo Tanbu)

Sementara itu, Bupati H.M. Zairullah Azhar melalui Sekda H Ambo Sakka menyampaikan ucapan terimakasih dengan adanya program YESS tersebut. 

"Kita mengharapkan bisa menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Tanah Bumbu," katanya. 

Ditanya terkait syarat menerima bantuan hibah tersebut, usia muda dan mau berusaha mengembangkan sektor pertanian dan Bappedalitbang selalu siap memberikan dukungan. Sekadar diketahui, bantuan yang diberikan bernilai puluhan juta rupiah. (Aol) 
 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved