Berita HST

Kawasan Terminal Perdesaaan Pasar Hanyar Barabai Makin Kumuh, Tiap Hujan Genangan Air di Mana-mana

Kawasan terminal pedesaan pasar hanyar Barabai di Kabupaten Hulu sungai Tengah makin kumuh.

Penulis: Hanani | Editor: M.Risman Noor
banjarmasinpost.co.id
Kondisi Pasar Hanyar Barabai di sekitar terminal Kramat Barabai yang terlihat kumuh kotor dan becek Kamis (25/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI-Kawasan terminal pedesaan pasar hanyar Barabai di Kabupaten Hulu sungai Tengah makin kumuh.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, Kamis (25/8/2022) tumpukan sampah berserakan menghiasi kawasan tersebut. Genangan air juga tampak sehabis hujan membuat lahan yang diberi vaping blok tersebut menjadi becek.

Sementara, para pedagang kaki lima berjualan secara tak beraturan di kawasan tersebut termasuk di tempat parkir trayek angkutan perdesaan.

Di kawasan tersebut juga terdapat pertokoan mebel dan furnitur. Menurut para pedagang setempat kondisi tersebut makin kumuh karena tidak adanya upaya pemerintah daerah mengatur para pedagang. Juga tidak ada pengawasan dari Satpol PP.

"Sampah yang terlihat berserakan dan menumpuk di mana-mana itu dari para pedagang yang tak tertib dan tak mau menjaga kebersihan,"kata pedagang yang tak mau namanya dikutip.

Baca juga: NEWS UPDATE : Harga Telur Termahal Sepanjang Sejarah, Mendag: Enggak Seberapa

Baca juga: Pemko Terus Berupaya Tangani Pelaku Ekploitasi Anak yang Bandel

Dia pun menyesalkan kawasan pintu masuk menuju sekitar terminal pedesaan yang ditempati para pedagang sehingga akses keluar masuk kawasan tersebut menjadi terganggu.

"Apalagi kalau pagi hari banyak mobil dan sepeda motor yang keluar masuk jadi akses keluar masuk pun terganggu,"katanya. Mengenai beceknya kawasan pasar dan terminal yang sudah diberi vaping blok tersebut, menurut akibat buruknya sistem saluran air yang dibuat sekitar 1 tahun lalu tersebut. "Drainasenya sudah ada. Tapi tak berfungsi dengan baik karena dibuat rata dengan tanah yang sudah divaping. Harusnya dibuat miring agar aliran air bisa masuk ke saluran sehingga tak tergenang seperti yang ada ini,"ungkapnya.

Disebutkan genangan air senantiasa terjadi setiap kali hujan deras. Pihaknya berharap pemerintah daerah serius membenahi pasar hanyar Barabai dan tidak fokus hanya memungut parkir di portal. "HST kan punya aparat penegak Perda. Harusnya difungsikan maksimal dalam rangka menjaga ketertiban dan kenyamanan di pasar, masuk pembinaan terhadap pedagang agar tak buang sampah sembarangan dan berjualan secara rapi dan teratur,"harap pengunjung Pasar, Herlina. (banjarmasin post.co.id/hanani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved