Berita Banjarmasin

Resmi Naik per 1 September 2022, Ini Tarif Baru Air untuk Pelanggan PTAM Bandarmasih

Kenaikan tarif air diberlakukan direksi PT Air Minum (PTAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin mulai 1 September 2022, setelah konsultasi ke berbagai pihak.

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON
Warga antre air bersih dari truk tangki Pemadam Kebakaran Panglima Batur (PMK Paba) di Kelurahan Pelambuan, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (14/5/2022). Mereka mengeluhkan macetnya aliran air bersih yang terjadi beberapa bulan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Rencana kenaikan tarif air kepada pelanggan PT Air Minum (PTAM) Bandarmasih, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berlaku 1 September 2022 (pembayaran pemakaian Agustus 2022).

Wacana kenaikan tarif air ini sendiri sudah digodok oleh PTAM Bandarmasih sejak beberapa bulan terakhir, melalui berbagai tahapan atau proses.

Status badan hukum PTAM Bandarmasih baru saja berubah menjadi Perseroda, dari sebelumnya berupa perusahaan daerah bernama PDAM Bandarmasih.

Setelah berbentuk Perseroda, PTAM Bandarmasih menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan kemudian diputuskan akan dilakukan penyesuaian tarif.

Acuan dasar penyesuaian tarif ini, yakni Permendagri No 21 Tahun 2020, dan juga SK Gubernur Kalsel No 188.44/ 0660/KUM 202 tentang Tarif Batas Atas dan Batas Bawah. 

Baca juga: BREAKING NEWS Temuan Mayat Tanpa Identitas di Sungai Barito Kabupaten Barito Kuala

Baca juga: Banjir Surut di Jalan Nasional Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel, Warga Pun Terpaksa Pindah

Baca juga: Antisipasi Kasus HIV/AIDS Meningkat, Wagub Jabar Uu Ruzhaul Ulum Sarankan Lelaki Berpoligami

Kemudian dari Pemko Banjarmasin menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 99 tahun 2022 tentang Tarif Air Minum.

"Dan kebijakan penyesuaian tarif ini akan diberlakukan untuk semua klasifikasi golongan dan kelompok. Berlaku per 1 September 2022," ujar Direktur PTAM Bandarmasih, Ir Yudha Achmadi saat menggelar jumpa pers terkait kenaikan tarif air, Selasa (30/8/2022) sore.

Ditambahkan Yudha, terkait penyesuaian tarif air baru ini, pihaknya pun sudah menggelar konsultasi publik, termasuk sosialisasi ke tingkat kelurahan.

Berbagai masukan pun diakui Yudha dikantongi selama proses sosialisasi kebijakan menaikkan tarif air tersebut, mulai dari DPRD Banjarmasin hingga masyarakat atau pelanggan 

"Salah satunya adalah kita diminta untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dan ini tentunya yang akan kita lakukan," jelasnya.

Baca juga: Divonis 1 tahun penjara, Ini Jawaban Suami Bandar Arisan Online di Banjarmasin Saat Ditanya Hakim

Baca juga: Cuaca di Kabupaten Tanah Laut Kian Membaik, Satu Kendaraan Terseret Arus Belum Terevakuasi

Baca juga: Makam Datu Panjang Pesayangan Martapura Misterius, Marbot Ini Sebut Tak Ada Yang Tahu Makam Siapa

Dia kemudian membeberkan bahwa untuk kenaikan tarif yang terjadi di semua klasifikasi golongan dan kelompok pelanggan sekitar 10 persen. "Rata-rata sekitar 10 persen kenaikannya dan ini untuk semua klasifikasi kelompok," katanya.

Saat menggelar jumpa pers di Aula Kantor PTAM Bandarmasih di Banjarmasin, juga ditampilkan daftar tarif baru per satuan atau per kubiknya.

Berdasarkan data yang ada, kenaikan terendah ada di kelompok 1 golongan Sosial Khusus 1 dari yang semula Rp 1.030 menjadi Rp 1.133 atau naik Rp 103 per meter kubiknya.

Kemudian untuk golongan Rumah Tangga (RT) A1-1 sebesar Rp 2000 naik menjadi Rp 2.200 per meter kubiknya (naik Rp 200), golongan RT A1-2 dari semula Rp 2.260 menjadi Rp 2.486 (naik Rp 226), 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved