Kabar Kampus Politala

Ratusan Mahasiswa Politala Jalani Yudisium, Direktur : Softskill Diperkuat Untuk Kesuksesan Hidup

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) kembali menggelar Yudisium. Tahun 2022 ini digelar Yudisium XI dikuti ratusan peserta

Editor: Irfani Rahman
HUMAS POLITALA UNTUK BPOST GROUP
YUDISIUM - Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd memimpin prosesi Yudisium XI di kampus setempat, Rabu (31/8). Sebanyak 245 orang mahasiswa yang menjalani yudisium. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARIPoliteknik Negeri Tanah Laut (Politala) kembali menggelar Yudisium. Tahun 2022 ini digelar Yudisium XI dengan jumlah peserta mencapai ratusan orang.

Data dihimpun banjarmasinpost.co.id, Jumat (2/9/2022), jumlah peserta yudisium tersebut sebanyak 245 orang mahasiswa. Mereka berasal dari empat program studi (prodi) yakni Prodi Teknologi Informasi, Agroindustri, Teknologi Otomotif, dan Akuntansi. 

Yudisium XI telah dilaksanakan pada Rabu (31/08/2022) kemarin bertempat di Gedung Kuliah Terpadu di kampus setempat. Prosesinya menerapkan protokol kesehatan (prokes), dipimpin langsung oleh Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd.

Baca juga: Peserta PKKMB Politala Tahun Ini Capai 500 Orang Lebih, Ditempa Pemateri Berlevel Nasional 

Baca juga: Seminar Internasional 4th ASIC Politala Sukses, Universitas Miami Amerika Serikat Turut Digandeng

Turut dihadiri Wakil Direktur I Nuryati ST MEng, Wakil Direktur II Tekad Budiantoro SPd MPd, Wakil Direktur III Titik Wijayanti, MPd, seluruh ketua jurusan beserta sekretaris dan ketua prodi. Kalangan dosen, dan staf kependidikan. Hadir pula Ketua Dewan Penyantun Dr H Sihabuddin Chalid MMPd.

Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta Yudisium XI yang kini telah berhak menyandang gelar Ahli Madya atau Diploma-III. 

Mengutip pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Direktur Politala menuturkan saat ini gelar bukan jaminan seseorang memiliki kecakapan hidup (life skill) atau kompetensi. Gelar bahkan tak menjamin seseorang mendapat kesuksesan hidup. 

Guna memperoleh pekerjaan dan sukses dalam hidup haruslah ditopang oleh hardskill dan softskill, baik yang telah diperoleh saat kuliah, maupun yang akan datang di dunia kerja sebenarnya. 

Hardskill bisa diperoleh dan didapatkan secara singkat dari tempat bekerja melalui orientasi dan training yang lebih mengutamakan keterlibatan intelektual quotient (IQ) atau kecerdasan intelektual.

Sedangkan untuk memperoleh softskill tentu lebih lama karena memerlukan pembiasaan diri seperti beretika dan berakhlak yang baik dalam aktivitas keseharian. Softskill lebih menitikberatkan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan sosial. 

"Karena itu mulai besok change your mind, ubah lah pikiran bahwa today is real time. Apa yang dikerjakan hari ini adalah masa depan. Mulailah melangkah menghadapi kenyataan, hidup ini harus dijalankan, bukan untuk dipikirkan,” tandas Mufrida.

Baca juga: Mahasiswa Politala Sukses Raih Empat Medali Emas Porseni 2022

Ia  juga berpesan kepada mahasiswa yang telah menjalani yudisium bisa segera menyesuaikan diri hidup di tengah masyarakat. 

"Dibutuhkan kecerdasan konstruktif dan kemampuan adaptif kolaboratif agar bisa eksis dan menjadi pemenang di era digital saat ini," sebutnya.

Pada Yudisium XI tersebut sekaligus diumumkan empat orang lulusan terbaik Politala yaitu Salmia dari Program Studi Akuntansi dengan IPK 4,00. 

Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd memberikan  wejangan
Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd memberikan wejangan kepada mahasiswa yang mengikuti Yudisium XI di kampus setempat, Rabu (31/8). Sebanyak 245 orang mahasiswa yang menjalani yudisium.

Lalu, Sa’diah dari Program Studi Agro Industri dengan IPK 3,96. Sevia Budiana dari Program Studi Teknologi Informasi dengan IPK 3,93. Dan Kiki Meynita dari Teknologi Otomotif dengan IPK 3,72. (AOL)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik : Banjarmasin Post

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved