Berita Tabalong

Sipir Karang Intan Juara Uji Ketangkasan Petugas Pemasyarakatan se-Kalsel di Kabupaten Tabalong

Lomba Uji Ketangkasan di Tanjung, juara pertama Lapas Narkotika Karang Intan, juara kedua Lapas Kelas IIA Banjarmasin, ketiga Lapas Kelas IIB Amuntai.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Tahapan lomba membuka kunci gembok sel di acara uji ketangkasan petugas Pemasyarakatan se-Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Sabtu (17/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Adu kekuataan, ketepatan, kecepatan dan manajerial mewarnai jalannya lomba uji ketangkasan petugas pemasyarakatan Rutan dan Lapas se-Kalimantan Selatan (Kalsel).

Lokasinya di Lapangan Tembak Wira Satya Utama Kompi 2 Pelopor Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel, Sabtu (17/9/2022).

Total 13 tim dari Lapas dan Rutan se-Kalsel yang ikut ambil bagian pada lomba yang dilaksanakan Kanwil Kemengkumham Kalsel dengan menunjuk Rutan dan Lapas Tanjung sebagai tuan rumah, didukung Brimob Kompi 2 Pelopor Tanjung.

Setelah melalui serangkaian tahahapan lomba, pada ajang yang perdana kalinya digelar di Kalsel ini, akhirnya berhasil dimenangkan tim dari Lapas Narkotika Karang Intan.

Sedangkan untuk juara kedua diraih tim dari Lapas Kelas IIA Banjarmasin dan juara 3 tim dari Lapas Kelas IIB Amuntai.

Baca juga: Narkoba Kalsel - Pemasok Sabu di Kalangan Buruh Batu Bara Karungan di Tabunganen Batola Diciduk

Baca juga: Narkoba Banjarmasin - Simpan Sabu dalam Kamar Antarkan Warga Rawasari ke Bui

Kemudian untuk yel-yel, terbaik Rutan Kelas IIB Kandangan, Tim Terbaik Rutan Kelas IIB Pelaihari dan photobooth terbaik Lapas Kelas IIB Banjarbaru.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi, menjelaskan, tujuan dari lomba ini untuk menguji dan mengevaluasi tingkat kemampuan penggunaan alat serta Lapas dan Rutan yang memerlukan penanganan khusus.

"Ini harus dilatih dan simulasikan, untuk itu pelaksanaan ini tentu menguji seberapa tingkat kemampuan teknik dan manajerial sehingga dilaksanakan secara beregu," tambahnya.

Untuk itulah, dalam uji ketangkasan ini digunakan perlengkapan standar yang memang digunakan petugas pemasyarakatan, baik yang lama dan maupun baru.

"Tapi intinya, teman-teman harus dibiasakan dengan kemampuan penggunaannya tapi jauh lebih penting juga memanajemen terhadap tindakan yang akan dilakukan," tegasnya.

Baca juga: Aliansi BEM se Kalsel Khawatirkan Belum Tertangkapnya Pelaku Pelecehan kepada Mahasiswa ULM

Baca juga: Narkoba Kalsel - Pria Amuntai Tertangkap Tangan saat Akan Transaksi Sabu di Desa Bulayak HST

Kakanwil juga menyebutkan dengan uji ketangkasan ini akan dapat ditemukan solusi dalam bentuk kurikulum pelatihan dan simulasi yang diatur lebih lanjut lagi untuk meningkatkan kemampuan petugas di Lapas dan Rutan.

Kemudian untuk melihat sejauh mana perkembangan peningkatan kualitas, teknik dan manajerial setelah mengikuti pelatihan didasari kurikulum yang ada maka tentunya akan ada dgelar lagi lomba serupa.

Terkait pelaksanaan perdana ini menunjuk Rutan dan Lapas Tanjung, Kakanwil, mengatakan, karena terkait kesiapan  dukungan kelengkapan sarana prasarana dan juga dukungan teknis.

"Sehingga, kita pilih Tanjung untuk pelaksanaan lomba ketangkasan ini," ucapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved