Narkoba di Kalsel

Ungkap 41 Kasus Narkoba, Dit Resnarkoba Polda Kalsel Musnahkan 26 Kg Sabu dan 3.429 Ekstasi

Barang bukti sabu seberat 26 kg atau 26.020,39 gram sabu dan 3.429 butir ekstasi dari 41 kasus narkoba dimusnahkan

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifa’i dan Direktur Resnarkoba Polda Kalsel, Kombes Pol Tri Wahyudi menunjukkan puluhan kg sabu dan ribuan butir ekstasi, Rabu (21/9/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Silih berganti Mobil Tahanan Polda Kalsel menurunkan puluhan tahanan berompi oranye bertuliskan Tahanan Narkoba ke Lapangan Mako Polda Kalsel di Jalan S Parman, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel, Rabu (21/9/2022).

Dengan tangan diborgol berpasangan satu dengan yang lain dan dikawal personel bersenjata lengkap, total sebanyak 64 tahanan yang dikumpulkan di lapangan Mako Polda Kalsel.

Mereka dihadirkan untuk menyaksikan pemusnahan barang bukti narkoba baik berupa sabu maupun ekstasi yang membuat mereka terjerat hukum.

Pemusnahan barang bukti yang diawali dengan rilis pers pengungkapan kejahatan narkoba ini dipimpin oleh Kabid Humas Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifa’i bersama Direktur Reserse Narkoba, Kombes Pol Tri Wahyudi.

Baca juga: Narkoba Banjarmasin, Sidang Lanjutan Kurir Sabu 1,8 Kg, Terdakwa Minta Keringanan

Baca juga: Terjerat Kasus Sabu, Oknum Anggota Polres Tanbu Bakal Jalani Sidang Kode Etik Polri

Baca juga: BREAKING NEWS, Oknum Polisi di Tanbu Ikut Edarkan Sabu, Akhirnya Diciduk Satresnarkoba Polres Tanbu

Dihadapan Kombes Rifa’i dan Kombes Tri beserta stakeholder dari BNNP Kalsel, Kejati Kalsel, Kanwil Bea Cukai Kalbagsel, Balai Besar POM di Banjarmasin dan LKBH ULM ditumpuk dan dihamparkan puluhan kilogram barang bukti narkoba dan ribuan butir ekstasi.

"Barang bukti ini sabu seberat 26 kg atau 26.020,39 gram sabu dan 3.429 butir ekstasi. Kalau dihitung satu orang mengonsumsi 1 gram sabu atau 1 butir ekstasi, ini artinya dapat terselamatkan 520.400 orang dari peredaran gelap narkoba ini," kata Kombes Rifa’i.

Dipaparkan Kombes Tri, puluhan kilogram sabu dan ribuan butir ekstasi tersebut merupakan hasil pengungkapan peredaran gelap dan atau penyalahgunaan narkoba sebanyak 41 laporan Polisi (LP) sejak Bulan Juli hingga September Tahun 2022.

Lebih spesifik yakni 20 LP oleh Subdit 1, 7 LP oleh Subdit 2 dan 14 LP oleh Subdit 3 Dit Resnarkoba Polda Kalsel dengan jumlah tersangka total sebanyak 64 orang seluruhnya laki-laki.

Aliran barang haram narkoba ini kata Kombes Tri Wahyudi diyakini merupakan bagian dari jaringan peredaran gelap narkoba di seputar Kalimantan, baik Kaltara, Kalbar dan Kalsel.

"Ada juga dari Surabaya masuk dari pintu perairan kita tangkap di Kalsel. Kalau para tersangka kebanyakan merupakan warga di Kalsel," ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved