Kriminalitas Tabalong

Pencurian di Kalsel - Bobol Toko Ponsel di Tabalong, Para Pelaku Mengaku Terlilit Utang

Dengan alasan kesulitan ekonomi, tiga lelaki nekat membobol toko ponsel di Tabalong dan membawa kabur puluhan voucher dari berbagai provider.

Penulis: Dony Usman | Editor: Eka Dinayanti
Humas Polres Tabalong
-barbuk pencurian toko.ponsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Aksi tiga kawanan pelaku pencurian di toko ponsel Jalan Anggrek Raya, kelurahan Pembataan, Kecamatan Nurung Pudak, Tabalong, Kalsel, berhasil diungkap petugas kepolisian.

Tiga pelaku yang diamankan, YS alias Yupi (22) dan MR alias Jali (22) warga Sulingan kecamatan Murung Pudak serta AA alias Arif (26) warga Belimbing Raya, kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Saat ini ketiga pelaku sedang menjalani proses hukum lebih lanjut di Polsek Murung Pudak, atas dugaan pencurian yang dilakukan, Minggu (25/9/2022) dni hari.

Dalam aksinya itu para pelaku berhasil mengembat puluhan voucher kuota internet dari beberapa provider dan berbagai aksesoris handphone

Baca juga: Lebih Setahun Buron, Tersangka Pencurian di Kantor PMI Tapin Diringkus Polisi

Baca juga: Lagi, Pencurian Kabel Lampu Penerang di Jalan Lingkar BKW Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu

Kapolres Tabalong, AKBP Riza Muttaqin, melalui, PS Kasubsi Penmas Sihumas Polres Tabalong, Aipda Irawan Yudha Pratama, Kamis (29/9/2022), mengatakan, akibat kejadian ini korban mengalami kerugian diperkirakan Rp 5,5 juta.

“Untuk para pelaku disangkakan dengan pasal 363 ayat 1 ke-4e dan ke-5e KUH Pidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun," katanya.

Disampaikan Yudha, para pelaku ini diamankan petugas secara bergiliran Senin (26/9/2022) malam, diawali dari diamankannya pelaku Yupi.

Bermula saat pelaku Yupi akan menjual hasil curiannya di sebuah toko ponsel di Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak Tabalong.

Pelaku Yupi bisa diamankan dan saat ditanyakan mengakui perbuatannya bersama pelaku Jali dan Arif.

Selanjutnya jajaran Polsek Murung Pudak dibawah pimpinan Kapolsek AKP Samsu Suargana, bergerak cepat untuk amankan dua pelaku lainnya.

"Pelaku Arif diamankan di sebuah kompleks perumahan di Kelurahan Belimbing, sedangkan pelaku Jali diamankan di pinggir Jalan Padat Karya, Kelurahan Sulingan Kecamatan Murung Pudak, Tabalong," ungkapnya.

Baca juga: Berhasil Kendalikan Inflasi, Tabalong Dapatkan Alokasi DID Rp 10,68 Miliar dari Kemenkeu

Baca juga: Pelamar Panwaslu Kecamatan di Tabalong Lampaui Target, Pendaftar Perempuan 40 Persen Lebih

Setelah diperiksa, berdasar keterangan pelaku Yupi, mereka masuk dengan cara membuka gembok menggunakan kunci palsu.

Kemudian mereka mengakui melakukan perbuatan tersebut karena terlilit utang atau kesulitan ekonomi.

"Saat ini ketiga pelaku Yupi, Jali dan Arif sudah diamankan di Polsek Murung Pudak untuk proses hukum lebih lanjut," katanya.

Untuk barang bukti yang disita, 80 voucher isi ulang kuota internet berbagai provider, 4 buah Kotak handphone, 2 buah tripod.

4 buah charger handphone, 5 buah headset, 1 buah modem, 1 buah ptinter bluetooth, 1 buah peniti dan juga 1 unit sepeda motor warna merah muda yang jadi sarana.

(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved