Newsvideo

NEWSVIDEO Pelat Putih Roda Dua, Begini Penjelasan Kanit Red Ident Polres Tanahlaut

di tempat pencetakan pelat nopol di belakang gedung Samsat Pelaihari, petugas sibuk mencetak pelat-pelat berwarna putih.

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pelat nomor polisi (nopol) kendaraan bermotor berwarna putih saat ini mulai berlaku di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pantauan banjarmasinpost.co.id di tempat pencetakan pelat nopol di belakang gedung Samsat Pelaihari, Selasa (11/10/2022), petugas setempat sibuk mencetak pelat-pelat berwarna putih.

Seluruhnya pelat nopol kendaraan roda dua.

Pencetakannya menggunakan alat cetak tersendiri atau khusus untuk pencetakan pelat berwarna putih.

Meski pelat nopol warna putih mulai diberlakukan di Tala, namun ada juga sebagian pelat yang masih dicetak berwarna hitam.

Baca juga: NEWSVIDEO Melihat Penjualan Bibit Jeruk di Pasar Barambai Batola

Kapolres Tala AKBP Rofikoh Yunianto melalui Kasat Lantas AKP Supriyatno menuturkan pencetakan pelat nopol warna putih dimulai sejak 10 Oktober 2022.

"Khusus untuk kendaran roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, masih belum atau masih dicetak warna hitam," jelas Supriyatno.

Mengenai pelat kendaraan roda dua yang tetap dicetak warna hitam, Kanit Regident Satlantas Polres Tala Ipda Dewi Febriani menerangkan hal tersebut dikarenakan permohonan yang diajukan oleh pemilik kendaraan dilakukan sebelum tanggal 10 Oktober.

"Permohonan yang pengajuan ganti pelatnya sebelum 10 Oktober, otomatis masih berwarna hitam, di STNK masih tertulis berwarna hitam. Jadi, ya dicetaknya masih warna hitam," jelas Dewi.

Namun terhadap permohonan ganti pelat yang dilakukan mulai tanggal 10 Oktober, jelas Dewi, dipastikan seluruhnya dicetak berwarna putih.

Baca juga: NEWSVIDEO Antusias Warga Ikuti Vaksinasi Hewan di Peringatan Hari Karantina Pertanian di Banjarmasin

Material pelat nopol dikatakannya tersedia sehingga tiap permohonan ganti pelat langsung diproses dan dicetak.

Terhadap pelat nopol yang dicetak hitam tersebut, Dewi menegaskan pemilik kendaraan bermotor tak perlu bingung atau gundah karena tetap berlaku dan sah.

Begitu juga terhadap pemilik kendaraan bermotor yang saat ini pelatnya masih berwarna hitam, tak perlu mengganti menjadi berwarna putih.

"Nanti ketika sudah mendekati masa berlaku pelatnya habis, segera diurus perpanjangannya dan kemudian akan dicetakkan pelat yang berwarna putih," tandasnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved