Kriminalitas Balangan

Narkoba Kalsel - Jajaran Polres Paringin Ringkus Pengedar Obat Terlarang

Pria dengan inisial MA (25) merupakan warga Kecamatan Paringin Selatan kini harus mendekam di sel tahanan Polres Balangan

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Eka Dinayanti
humas polres balangan
Tersangka kasus pengedaran obat terlarang di wilayah Paringin Selatan, inisial MA (25) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Baru-baru ini, Unit Reskrim Polsek Paringin, Polres Balangan Polda Kalimantan Selatan berhasil menangkap seorang pria yang diduga pengedar obat mengandung Carisoprodol di pinggir jalan Lingkar Barat, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

Pria dengan inisial MA (25) merupakan warga Kecamatan Paringin Selatan yang kini harus mendekam di sel tahanan Polres Balangan dan menjalani proses lebih lanjut dari pihak kepolisian.

Dari tangan MA (25), petugas menyita barang bukti berupa 23 butir obat curah berbentuk tablet bulat warna putih yang diduga mengandung narkotika jenis Carisoprodol yang dibungkus dengan plastik klip warna bening.

Lalu ditemukan pula 27 butir obat tanpa merk dengan logo “Y” warna putih yang di duga daftar ”G” jenis trihexyphenidyl yang dibungkus tiga lembar plasik klip warna bening, satu lembar plastik warna bening, dan satu unit sepeda motor Honda Vario warna putih dengan Nopol DA 2542 YJ beserta kunci kontak, serta satu unit Handphone Merk Realme beserta SIM Card.

Baca juga: Rusak Lagi, Jembatan Paringin Kabupaten Balangan Kalsel Akan Ditutup Saat Perbaikan

Baca juga: Besok Dijadwalkan Pengecoran, Jembatan Paringin di Balangan Ditutup Lima Hari

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, melalui Kasubsi Penmas Sie Humas Polres Balangan, Bripka Feri membenarkan penangkapan terduga pelaku MA (25) oleh Unit Reskrim Polsek Paringin yang dipimpin oleh Kapolsek Paringin Ipda Eko Budi Mulyono.

"Penangkapan berawal informasi dari masyarakat terhadap adanya peredaran obat yang diduga mengandung Carisoprodol atau biasa disebut obat zenith di wilayah Paringin Selatan," ucap Bripka Feri, Rabu (13/10/2022).

Berdasarkan informasi tersebut, lanjutnya, petugas Polsek Paringin yang melakukan penyelidikan dan pengintaian berhasil melakukan penangkapan terhadap MA (25), dan langsung dilakukan penggeledahan terhadap terduga pelaku.

MA (25) mengakui barang yang diamankan adalah miliknya yang dibeli dari seseorang di daerah Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Baca juga: Dinas PUPRP Tala Pastikan Tangani Jalan Penampaan-Ranggangdalam, Penimbunan hingga Perkerasan

Baca juga: Pencurian di Kalsel - Embat Dua Accu Alat Berat, Warga Mandingin Dibekuk Satreskrim Polres HST

Dimana rencananya akan dijualnya kepada seseorang di wilayah Paringin.

Adapun pasal yang disangkakan yaitu Pasal 114 Ayat (1) sub Pasal 112 Ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Permenkes Nomor 9 Tahun 2022 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika dan atau Pasal 197 sub Pasal 196 Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana minimal 4 tahun penjara.

( Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved