Berita Tapin

Atasi Banjir Akibat Hujan Intensitas Tinggi, Warga Raya Belanti Tapin Gotong Royong Perbaiki Tanggul

Warga Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang bersama Babinsa Koramil 04/Binuang melaksanakan giat gotong royong memperbaiki tanggul yang jebol

Penulis: Stanislaus Sene | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Senne
Babinsa bersama masyarakat Kelurahan Raya Belanti kerja bakti perbaiki tanggul yang jebol akibat Hujan deras, Rabu 9/11/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Warga Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang bersama Babinsa Koramil 04/Binuang melaksanakan giat gotong royong memperbaiki tanggul yang jebol pasca diguyur hujan deras. Rabu, (09/11/2022)

Jebolnya tanggul tersebut akibat hujan deras yang mengguyur di Kecamatan Binuang sehingga beberapa RT di Kelurahan Raya Belanti terendam banjir.

Menindaklanjuti hal itu, Babinsa Koramil 1010-04/Binuang, Serda Suryadi bersama masyarakat Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang melaksanakan kegiatan kerja bakti perbaikan tanggul yang jebol.

Babinsa Koramil 1010-04/Binuang, Serda Suryadi mengatakan bahwa perbaikan tanggul ini dengan cara memasang kayu galam yang di tancapkan di pinggir sungai kemudian ditutup tanah yang dimasukkan dalam karung.

"Kerja bakti yang di laksanakan warga masyarakat tersebut adalah untuk mengantisipasi dampak kerusakan yang lebih parah akibat derasnya debit air saat hujan datang lagi," jelasnya.

Baca juga: Ibu Rumah Tangga dan Lansia Jual Dextro Digiring ke Polres Tapin, 1.605 Butir Obat Diamankan

Baca juga: Cuaca Ekstrem di Tapin, Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Utama

Serda Suryadi mengatakan bahwa penataan tanggul menggunakan tanah yang di karungi ini, untuk mencegah terjadinya longsor yang makin parah.

Sementara itu, Lurah Raya Belanti, Jaidi mengatakan diperbaikinya tanggul ini tidak lain untuk mencegah jika terjadi intensitas hujan yang tinggi.

"Kita tahu, Kelurahan Raya Belanti ini sudah menjadi langganan banjir apabila musim hujan. Oleh karena itu perlu ada antisipasi awal," jelasnya.

Baca juga: Banjir Akibat Sungai Binuang Meluap di 6 RT Kelurahan Raya Belanti Tapin Berangsur Surut

Jaidi mengatakan perbaikan tanggul ini juga melibatkan masyarakat sebagai bentuk gotong royong mengantisipasi bencana banjir.

"Kita akan terus memantau dan mewaspadai perkembangan kondisi tanggul yang baru diperbaiki dan juga berpesan kepada warga masyarakat agar secara bersama sama turut serta memelihara tanggul yang ada," harapnya. (Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus sene)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved