Jalan Longsor di Tanahbumbu

Jalan Longsor di Tanahbumbu, Perkerasan pada Jalur Alternatif di Kabupaten Tanbu Capai 90 Persen

Perkerasan jalan alternatif di Satui oleh Dinas PUPR Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mencapai 90 persen, arus lalu lintas lancar.

Penulis: Man Hidayat | Editor: Alpri Widianjono
ARDIAN UNTUK BPOST
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Subhansyah, saat melihat perkerasan jalan alternatif di Kecamatan Satui, Provinsi Kalimantan Selatan. Jalan ini dibangun Pemkab Tanbu agar pengendara menghindari longsor parah pada ruas Jalan Nasional di Desa Satui Barat yang diduga akibat aktivitas tambang batu bara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Kondisi Jalan Alternatif di Km170, imbas longsornya Jalan Nasional di Satui,  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), masih ditangani Dinas PUPR setempat. 

Sedangkan jalur alternatif ini dibangun Pemkab Tanbu di Desa Satui Barat ini. Perkerasannya sudah hampir selesai, mulai dari Jalan Nasional atau Jalan Trans Kalimantan Km170 - Jalan HB Putra tembus Pertigaan Jombang, panjangnya 1,7 km. 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanbu, Subhansyah, melalui Kabid Bina Marga, Ramdan Nasution, saat dikonfirmasi, Rabu (30/11/2022). 

"Pengerjaan masih kami laksanakan. Pencapaian pembangunan perkerasan jalan alternatif sudah sekitar 90 persen, " katanya.

Baca juga: Penemuan Mayat Anak Laki-Laki di Sungai Kelayan Banjarmasin, Polair: Keluarga Menolak Visum

Baca juga: Jasad Bayi Lelaki Mengapung di Kolong Rumah dekat Kampung Biru Banjarmasin

Baca juga: Kecelakaan di Kalsel - Pengendara Motor di Angsau Pelaihari Terpental di Depan Ban Truk

Arus lalu lintas saat ini terbilang lancar dan Pemkab Tanbu juga akan mengalokasikan dana untuk pengaspalan yang dilaksanakan di Tahun Anggaran 2023. 

Sementara itu, Kepala Satlantas Polres Tanahbumbu, AKP Guntur S Pambudi SIK, mengatakan, untuk arus lalu lintas pada jalan alternatif tersebut sampai saat ini berlangsung lancar. 

Menurutnya, tidak ada kendala, arus lalu lintas dari Banjarmasin Batulicin dan sebaliknya terpantau lancar dan aman. 

"Untuk jalan alternatif, kondisinya aman dan lancar. Cuaca juga kering, sehingga dalam keadaan lancar tanpa hambatan, " katanya. 

Baca juga: Penipu Mengaku Perempuan dan Bersedia Dinikahi, Kuras Duit Warga Kotabaru Kalsel Rp 300-an Juta

Baca juga: Bawa Sajam dan Takuti-takuti Warga, Pemuda di Tanahlaut Ini Tak Berkutik Ditangkap Polisi

Baca juga: Pengembangan Kasus, Satresnarkoba Polres Batola Bekuk Dua Pelaku Miliki Sembilan Paket Sabu

Hal ini juga dibenarkan Camat Satui, Kadri Mandar, yang menjelaskan arus lalu lintas pada jalur alternatif itu lancar, baik dari Batulicin atau dari Banjarmasin.

"Sekarang, kondisinya lancar, " katanya.

Terpisah, pengendara yang baru melintas di jalan alternatif mengaku perjalanannya lancar.

Cuma, kata dia, badan jalan terasa sekali bergelombang sehingga merasa tidak nyaman saat berkendara.

longsor ruas Jalan Nasional Satui Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), kalsel 16102022.
Kondisi longsor pada ruas Jalan Nasional atau Jalan Trans Kalimantan di Desa Satui Barat, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu ( 16/10/2022) pagi.

"Alhamdulillah, perjalanan lancar  sewaktu melewati jalan alternatif. Cuma, seperti naik kuda, badan jalannya banyak bergelombang. Semoga bisa diratakan lagi," kata Adi, pengendara yang baru melewati jalan tersebut.

(Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved